Problematika guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fika, Laveda Adna (2024) Problematika guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laveda Adna Fika_06030120059.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Laveda Adna Fika_06030120059_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Laveda Adna Fika, 06030120059, 2024, Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana tahapan yang dilalui oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Taman dalam melaksanakan kegiatan asesmen pada Kurikulum Merdeka beserta (2) Problematika dalam melaksanakan kegiatan asesmen dan (3) Upaya dalam mengatasi problematika asesmen mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Artinya, penelitian ini yang menggunakan data deskriptif, dari kata-kata yang tertulis atau lisan dari narasumber. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari proses pengumpulan data akan dianalisis dan diolah lewat proses kondensasi data yang kemudian dilanjutkan dengan proses penyajian data beserta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian, sebagai langkah untuk menguji validitas informasi, digunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Taman melaksanakan kegiatan asesmen dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan dan pelaporan hasil asesmen dan diakhiri dengan langkah tindak lanjut asesmen. (2) Problematika yang dihadapi adalah: kebimbangan guru menentukan teknik dan instrumen penilaian, kurangnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kesulitan membuat soal berbasis HOTS, kendala dalam melakukan asesmen ranah afektif. (3) Solusi atau upaya yang dilakukan oleh guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah: mengkomunikasikan problematika yang ada, baik dengan siswa, rekan guru, waka kurikulum dan kepala sekolah. Menciptakan pembelajaran berpusat pada siswa, berkolaborasi dengan rekan guru, membuat sendiri instrumen penilaian ranah afektif, disertai penjelasan dan penekanan kepada peserta didik tentang pentingya penilaian ranah afektif sebagai bagian dari nilai akhir, dan mengikuti kegiatan pelatihan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru khususnya dalam melaksanakan kegiatan asesmen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fika, Laveda Adnaafridaadfa12@gmail.com06030120059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Asesmen; kurikulum merdeka; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laveda Adna Fika
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:26
Last Modified: 25 Jun 2024 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70793

Actions (login required)

View Item View Item