Pengaruh metode snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Darussalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Naili (2024) Pengaruh metode snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naili Zakiyah_06020720039.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Naili Zakiyah_06020720039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini karena kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas. Motivasi belajar siswa diperlukan agar siswa semangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di kelas IV bahwa pembelajaran Matematika hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan guru juga masih sering untuk menyuruh siswa mengerjakan soal di LKS, oleh karena itu masih banyak siswa yang tidak menyukai matematika dan kurang aktif pada saat pelajaran Matematika. Permasalahan ini berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV. Peneliti memilih metode snowball throwing ini karena dapat membuat siswa untuk menjadi lebih aktif dan kreatif pada saat pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas IV di MI Darussalam Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas 4 yang berjumlah 31 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada dua uji yang dilakukan yaitu uji normalitas Saphiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa nilai angket motivasi belajar siswa sebelum menerapkan metode snowball throwing memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,42. Kemudian setelah menerapkan metode snowball throwing memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,29. Terjadinya peningkatan sebesar 16,67, hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil dari analisis data yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikansinya kurang dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Darussalam Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Nailinazakiyahh06@gmail.com06020720039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Snowball throwing; motivasi belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naili Zakiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:45
Last Modified: 25 Jun 2024 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70796

Actions (login required)

View Item View Item