Strategi pengelolaan Data Digital dalam Menunjang Layanan Akademik di SMA Assa’adah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhif, Mohammad Khoirun (2024) Strategi pengelolaan Data Digital dalam Menunjang Layanan Akademik di SMA Assa’adah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Khoirun Nadhif_06040320088 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mohammad Khoirun Nadhif_06040320088 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lingkungan pendidikan di berbagai institusi akademik. Oleh karena itu, sekolah harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju, dimana semua orang menggunakan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripkan dan menganalisis strategi pengelolaan data digital dalam menunjang layanana akademik di SMA Assa’adah Gresik. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini akan mempertimbangkan tiga hal. Pertama, pendekatan kualitatif ini lebih mudah untuk menghadapi fenomena fakta. Kedua, pendekatan kualitatif akan menyajikan hubungan antara peneliti dengan responden secara langsung. Ketiga, pendekatan kualitatif lebih dapat menyesuaikan diri. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan data digital di SMA Assa’adah Gresik memiliki beberapa tahap diantaranya yaitu perencanaan, pengelolaan data, pengolahan data, penyimpanan data, dan analisis data. Sedangkan penunjang layanan akademik memiliki beberapa pelayanan diantaranya yaitu pelayanan PPDB, Pelayanan siswa, dan Pelayanan pegawai sekolah. Strategi Pengelolaan Data Digital dalam Mnunjang Layanan Akademik di SMA Assa’adah Gresik dapat dikatakan berkualitas karena sudah diuji kelayakan aplikasi sesuai dengan pengukuran kelayakan sistem informasi akademik yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pengukuran pengguna, kepuasan pengguna, dan manfaat. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan sistem informasi akademik di SMA Assa’adah Gresik memiliki beberapa aplikasi diantaranya aplikasi poin siswa, aplikasi E-rapor, aplikasi kepegawaian, aplikasi pembayaran, dan aplikasi dapodik yang diterapkan dengan tujuan untuk mempermudah dalam proses menjalankan tugas staf akademik, sehingga aplikasi dapat diakses dengan kebutuhan data sesuai dengan kegunaan aplikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhif, Mohammad Khoirun06040320088@student.uinsby.ac.id06040320088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Internet
Teknologi
Kepemimpinan
Keywords: Strategi pengelolaan; Data digital; Layanan akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Khoirun Nadhif
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:22
Last Modified: 25 Jun 2024 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70817

Actions (login required)

View Item View Item