Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz terhadap hasil belajar Al-qur'an Hadits di kelas 5 MI Darunnajah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftakhul (2024) Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz terhadap hasil belajar Al-qur'an Hadits di kelas 5 MI Darunnajah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Jannah_06010720010 OK.pdf

Download (962kB)
[img] Text
Miftakhul Jannah_06010720010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Ekstrakurikuler tahfidz merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh setiap kelas di MI Darunnajah Gresik. hasil wawancara dengan bapak Nur Shodiq masih perlu ditingkatkan dikarenkan beberapa siswa masih ada yang belum mencapai KKM. Hal tersebut dikarenakan banyak siswa yang kurang minat dalam pembelajaran agama dan cenderung menyepelekan. Hal tersebut dapat memengarui capaian nilai rapor yang mengukur sejauh mana siswa tersebut mencapai hasil belajar mereka. Berdasarkan konteks diaatas sehinggah peneliti akhirnya tertarik untuk melaksanakan penelitian yang objeknya adalah peserta didik kelas V di madrasah ibtidaiyah untuk membuktikan pengaruh ektrskurikuler terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadits. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Al-Qur’an hadits di MI Darunnajah Gresik? 2) Bagaimana ekstrakurikuler tahfidz berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Al-Qur’an hadits di MI Darunnajah Gresik Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan junis ex-post facto,dengan menggunakan regresi linier sederhana.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Darunnajah Gresik.data yang diperoleh menggunakan instrumen angket yang telah di validasi oleh validator yang kemudian hasil dari perolehan angket tersebut di olah dengan bantuan program SPSS 25 for windows.Dari hasil penelitian ini Berdasarkan dari hasil rata-rata skor nilai angket kegiatan ekstrakurikuler yakni 3,6 dan rata-rata hasil belajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Darunnajah Gresik yakni 93,48 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits telah melebihi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).di dukung oleh nilai R square sebesar 55%. Hal ini pengaruh ekstrakurikuler tahfidz (X) mempunyai pengaruh sebesar 55% terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits (Y) sedangkan 45% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftakhulalnairamalikajannah@gmail.com06010720010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawwir, Munawwirmunawir@uinsa.ac.id2001086501
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Pengaruh Ekstrakurikuler tahfidz; Hasil belajar pembelajaran AlQur‟an Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: miftakhul jannah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:27
Last Modified: 25 Jun 2024 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70827

Actions (login required)

View Item View Item