Optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan lembaga di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Na'imata, Shobihatul Munawaroh (2024) Optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan lembaga di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shobihatul Munawaroh Naimata - 06040320099 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Shobihatul Munawaroh Naimata - 06040320099 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Lembaga di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pengelolaan sarana dan prasarana, kualitas pelayana lembaga, optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan lembaga di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subek penelitian ini adalah Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Staff bagian Sarana dan Prasarana dan Staff bagian Hubungan Masyarakat. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpertasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, pengelolaan sarana dan prasarana di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo merupakan pelaksanaan proses yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana. Proses pengelolaan sarana dan prasarana melibatkan perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventaris dan penghapusan yang akan menghasilkan keberadaan sarana prasarana yang mencukupi. Kedua, kualitas pelayanan lembaga di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo mengacu pada mutu standar kualitas pelayanan tersebut dan tercapai ketika semua unsur yang terkait seperti input dan output yang telah direncanakan dapat terwujud dengan maksimal. Dan dibuktikan secara nyata dengan beberapa poin indikator dimensi kualitas layanan yaitu: Tangible (berwujud), Reability (Kehandalan), Responsiveness (Tanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Ketiga, Optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan lembaga di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo telah berjalan dengan baik dan saling berkaitan erat antara kinerja dan sarana prasrana. Sarana prasarana yang baik mendukung pemberian layanan optimal kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa puas dan terpenuhi pelayanannya yang akan menghasilkan dampak positif bagi lembaga dan secara keseluruhan memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Na'imata, Shobihatul Munawarohraramunawaroh36@gmail.com06040320099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnurilhudauinsa@gmail.com2027068001
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnimatus.sholihah@uinsby.ac.id2002087303
Subjects: Layanan
Manajemen Perkantoran
Keywords: Optimalisasi; Pengelolaan Sarana dan Prasarana; Kualitas Pelayanan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SHOBIHATUL MUNAWAROH NA'IMATA
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:30
Last Modified: 26 Jun 2024 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70835

Actions (login required)

View Item View Item