Peningkatan kemampuan menulis huruf abjad melalui media finger painting pada anak kelompok b di tk el-Hijaa surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Galby, Rezza Haqq (2024) Peningkatan kemampuan menulis huruf abjad melalui media finger painting pada anak kelompok b di tk el-Hijaa surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rezza Haqq Galby_06020920031 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rezza Haqq Galby_06020920031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Menulis Huruf Abjad Media Finger Painting

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis huruf abjad pada anak kelompok B1 di TK El-hijaa Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penilaian siswa. Terlihat dengan jelas dari tulisan anak yang masih lemah dan ukurannya tidak konsisten. Hal ini dikarenakan saat anak memegang pensil belum fleksibel dan kaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media finger painting dalam peningkatan kemampuan menulis huruf abjad di TK El-hijaa Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt lewin. Penelitian ini terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Model Kurt Lewin terdiri dari 4 tahapan: Planning (Perencanaan), Acting (Tindakan), Observing (Observasi) dan Reflecting (Refleksi). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya peningkatan hasil belajar anak tentang kemampuan menulis huruf abjad. Hal ini terbukti dari hasil prosentase yang didapatkan, pada siklus I diperoleh 60% dengan rata-rata 61,7 atau 6 anak yang mendapatkan ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan jumlah anak yang tuntas yaitu 80% dengan rata-rata 79,1 atau 8 anak yang mendapatkan ketuntasan dari 10 anak. (2) penerapan media finger painting dalam kemampuan menulis huruf abjad dapat berjalan dengan baik melihat dari aktivitas guru serta respon dari murid. Hal ini telah terbukti dari hasil aktivitas dari nilai 73% pada siklus I meningkat menjadi 88,5% pada siklus II dan dikategorikan sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil aktivitas anak yaitu diperoleh 66,7% pada siklus I menjadi 85,4% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Galby, Rezza Haqqhaqqgalby24@gmail.com06020920031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Anak
Guru
Keywords: Kemampuan Menulis; Huruf Abjad; Media Finger Painting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rezza Galby
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:25
Last Modified: 27 Jun 2024 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70861

Actions (login required)

View Item View Item