Pembelajaran Tari Pitik Walik untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salwa, Indita Fajriah Salsabilla (2024) Pembelajaran Tari Pitik Walik untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indita Fajriah Salsabillah Salwa_06040920052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Indita Fajriah Salsabillah Salwa_06040920052 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dinisangat penting dilaksanakan sebagai dasar pembentukkan karakter, budu pekerti luhur, cerdas dan ceria. Menurut hasil observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa pada anak kelompok B1 TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo Sendiri perkembangan motorik kasar anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangannya masih opnimal dikarenakan minat dalam belajar, akan tetapi masih sangat kurang, penelitian ini bertjuan. Penelitian ini menggunakan jenis metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan menggunakan model bagan oleh Kemmis & Mc Toggart. Dalam tindakan yang dilakukan terdapat 2 siklus yang mana setiapsiklusnya terdapat 4 tindakan yaitu, perencann, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Pada pra siklus nilai presentase ketuntasan siswa adalah 50% dengan nilai rata-rata 2,8. Yang tergolong penilaian Mulai Berkembang (MB). Hasil pada siklus I nilai ketuntasan 70% dengan nilai rata-rata 3,2 yang tergolong Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hasil pada siklus II nilai ketuntasan siswa adalah 90% dengan nilai rata-rata 3,4. Nilai tersebut sudah mencapai nilai minimum sehingga bisa dikatakan berhasil. Hasil dari penelitian ini adalah : Pembelajaran tari pitik walik untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak bahwa gerakan motorik kasar adalah kemampuan yang membutuhkan koordinasi sebagian besar dari bagian tubuh anak. Gerakan motorik kasar melibatkan aktivitas otot-otot besar,seperti otot tangan, otot kaki dan seluruh tubuh pada anak. Hasil observasi pada guru baik dengan nilai 43 dan nilai presentase 67,8% dan nilai observasi siswa dengan nilai 45 dan niai presentse 70% Hasil dari observasi pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Hal tersebut dilihat pada siklus I ketuntasan belajar yang mencapai 75% dan nilai ketuntasan siklus II meningkat menjadi 90%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salwa, Indita Fajriah Salsabillainditafajriah10@gmail.com06040920052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Guru
Musik
Keywords: Pembelajaran; Tari Pitik Walik; Meningkatkan; Motorik Kasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Indita Fajriah Salsabilla Salwa
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:47
Last Modified: 27 Jun 2024 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70865

Actions (login required)

View Item View Item