Pemerolehan bahasa anak usia 3 – 3,5 tahun dan solusi pengembangan bahasa di Kabupaten Sidoarjo: konsep ZPD dan Scaffolding Teori Ley Vygotsky

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahendra, Anggita Putri (2024) Pemerolehan bahasa anak usia 3 – 3,5 tahun dan solusi pengembangan bahasa di Kabupaten Sidoarjo: konsep ZPD dan Scaffolding Teori Ley Vygotsky. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggita Putri Mahendra_03020420022 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anggita Putri Mahendra_03020420022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Bahasa yaitu suatu sistem bunyi ujar dalam kajian linguistik yang menjadi objek utama, studi yang mendalami tentang bunyi kata-kata ini diteliti oleh fonologi (cabang linguistik). Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu guna menganalisis pemerolehan bahasa anak usia 3 – 3,5 di Kecamatan Krian diantaranya Desa Barengkrajan, Jeruk Gamping, Kemasan dan Katerungan, dengan fokus kajian pada aspek fonologi yakni fonem vokal dan konsonan dengan pendekatan fonologi Noam Chomsky beserta faktor pemerolehan bahasa. Metode yang dipakai yaitu metode deskriptif kualitatif, sementara teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pada anak dan orang tua. Selain itu juga, penelitian ini mencari solusi pendukung pengembangan bahasa yang dapat diterapkan di lingkungan anak, dengan menggunakan teori interaksionisme oleh Lev Vygotsky yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pemerolehan dan pengembangan bahasa anak usia 3-3,5 tahun. Dari hasil penelitian ini adalah pada subjek Cinta, Lula, Afi, dan Meyca telah menguasai sebagian besar fonem konsonan dan vokal meskipun masih terdapat beberapa fonem yang belum bisa diucapkan dengan sempurna. Adapun faktor pemerolehan dari keempat subjek berasal dari faktor lingkungan, faktor kebiasaan anak, dan faktor media. Kemudian ditemukan solusi pendukung pengembangan bahasa sesuai konsep ZPD dan Scaffolding.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahendra, Anggita Putrianggitaputrimahendra096@gmail.com03020420022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Anak
Bahasa Indonesia
Keywords: Pemerolehan Bahasa; Fonologi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Anggita Mahendra
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:30
Last Modified: 27 Jun 2024 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70866

Actions (login required)

View Item View Item