Good school governance dalam membangun citra positif lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sadi, Furicha Hanum (2024) Good school governance dalam membangun citra positif lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Furicha Hanum Sadi_06020320029 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Furicha Hanum Sadi_06020320029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Good School Governance dalam Membangun Citra Positif Lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa fokus penelitian terkait good school governance dalam membangun citra positif lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, faktor-faktor yang mempengaruhi good school governance dalam membangun citra positif lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, serta dampak dari adanya good school governance dalam membangun citra positif lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, Waka Humas, Peserta Didik, dan Orang Tua siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles and Huberman, serta teknik triangulasi untuk memastikan validitas data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Good school governance dalam membangun citra positif lembaga di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya ditunjukkan dengan terpenuhinya indikator yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. Terdapat partisipasi tenaga pendidik dan kependidikan, siswa, maupun masyarakat. Transparansi ditunjukkan dalam berbagai aspek; keuangan, pelaksanaan program, pembelajaran, hingga layanan informasi. Akuntabilitas terwujud melalui monitoring dan evaluasi. menyertakan laporan akhir kegiatan, serta beberapa langkah lainnya. (2) Faktor pendukung terciptanya good school governance yaitu adanya dukungan dari stakeholder dan kewajiban untuk menyesuaikan tingkat keberhasilan terlaksananya suatu program dengan standar dan pedoman, adanya misi untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap sekolah serta menjadikan lembaga yang menginspirasi bagi lembaga lain untuk menjadi lebih baik lagi, serta memiliki faktor penghambat yaitu kurangnya peminat untuk memilih sekolah swasta dibandingkan negeri. (3) Dampak good school governance dalam membangun citra positif yaitu adanya peningkatan pendaftaran calon peserta didik baru, meningkatnya prestasi siswa dan kualitas lulusan di sekolah, serta adanya pengakuan masyarakat terkait keberadaan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sadi, Furicha Hanumfurichahanumsadi@gmail.com06020320029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Layanan
Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Keywords: Good school governance; citra positif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Furicha Hanum Sadi
Date Deposited: 27 Jun 2024 13:04
Last Modified: 27 Jun 2024 13:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70882

Actions (login required)

View Item View Item