Pembentukan karakter santri melalui pengamalan thariqah qadiriyyah wan naqsabandiyyah Suryalaya dengan metode modification of attitude di Madrasah as Syaahidien, Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisnawati, Maisyah (2024) Pembentukan karakter santri melalui pengamalan thariqah qadiriyyah wan naqsabandiyyah Suryalaya dengan metode modification of attitude di Madrasah as Syaahidien, Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maisyah Trisnawati_07020620037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Maisyah Trisnawati_07020620037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan karakter merupakan elemen integral dalam proses pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak hanya tergantung pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan kualitas karakter pesertanya. Fokus penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana pelmbelntulkan karaktelr santri di Madrasah As-Syaahidien, Sampang melalui pelngamalan Thariqah Qadiriyyah wan Naqsabandiyyah Sulryalaya? (2) Bagaimana pelmbelntulkan karaktelr santri delngan meltodel Modification of Attituldel? Dalam menjawab persoalan ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus lalu mengambil metode analisis deskriptif-komparatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan dzikir Thariqah Qadiriyyah wan Naqsabandiyyah Suryalaya di Madrasah Aliyah As-Syaahidien dilaksanakan melalui tiga fase, yaitu pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Dzikir yang dilakukan mencakup dzikir Jahr, dzikir sir, riyadhah, khataman, dan manaqib. Selanjutnya, dampak dari praktik dzikir Thariqah Qadiriyyah wan Naqsabandiyyah Suryalaya terhadap pembangunan dan pembentukan karakter para peserta didik di Madrasah As-Syaahidien menunjukkan hasil positif yang signifikan. Temuan ini dapat dilihat dari evaluasi hasil observasi dan wawancara. (2) Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pengamalan dzikir Thariqah Qadiriyyah wan Naqsabandiyyah Suryalaya di Madrasah As-Syaahidien memberikan dampak positif yang besar terhadap peningkatan sikap yang ditunjukkan oleh para siswa-siswi Madrasah As-Syaahidien. Terutama ditinjau dari nilai-nilai konseling seperti Logoterapi, terkhususnya dalam kacamata Modification of Attitude (Modifikasi Perilaku).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisnawati, Maisyahmaisyahais@gmail.com07020620037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnwar, Latifahlatifah.anwar18@gmail.com198806182020122004
Subjects: Akhlak
Doa dan Zikir
Psikoterapi
Keywords: Amaliyah tariqah qadiriyyah wan naqsbandiyyah; morals of sufism; logotherapy; behavior modification; madrasah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maisyah Trisnawati
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:34
Last Modified: 26 Jun 2024 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70913

Actions (login required)

View Item View Item