Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbsis gaya belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafis, Adinda Nur Haliza (2024) Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbsis gaya belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Nur Haliza Nafis_06040420051.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Adinda Nur Haliza Nafis_06040420051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan ranking PISA yang bersumber dari kemendikbud (2023) di mana Indonesia menempati urutan ke-68 dari 81 negara yang mengalami penurunan skor dari tahun 2018 ke 2022 yaitu dari 379 ke 366. Oleh karena itu, penelitian ini akan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar yang dibatasi pada aspek konten dan proses dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dan aktivitas siswa selama proses penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar, mendeskripsikan respons siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar, dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Lamongan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, angket, dan tes. Hasil pre-test dan post-test berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar termasuk dalam kriteria sangat baik dengan jumlah nilai rata-rata keseluruhan 7,73. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dapat dikatakan positif karena aktivitas siswa yang termasuk aktif sebesar 95,84% dan aktivitas siswa yang pasif sebesar 4,16%. Respons siswa setelah diterapkannya pelajaran menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar termasuk dalam kriteria baik dengan nilai sebesar 70,03%. Kemampuan berpikir kritis siswa sesudah diterapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar lebih baik dari pada sebelum diterapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar, di mana gaya belajar visual serta auditori mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk gaya belajar kinestetik mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafis, Adinda Nur Halizahalizaadinda.26@gmail.com06040420051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi pembelajaran berdiferensiasi; gaya belajar; berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Adinda Amin
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:28
Last Modified: 28 Jun 2024 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70929

Actions (login required)

View Item View Item