Analisis kehidupan beragama peserta didik SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo dalam perspektif moderasi beragama Muhammad Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Mohamad Sofyan (2024) Analisis kehidupan beragama peserta didik SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo dalam perspektif moderasi beragama Muhammad Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Sofyan Utama_06020120039.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mohamad Sofyan Utama_06020120039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang topik permasalahan menengenai potret kehidupan beragama peserta didik SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo dalam perspektif moderasi beragama Muhammad Quraish Shihab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wacana Kementerian Agama yang menginginkan adanya pendidikan toleransi dan penanaman nilai-nilai moderasi beragama di masyakat. Dan sekolah sebagai labolatorium kecil masyarakat menjadi tempat yang tepat untuk mengimplementasikan moderasi beragama sejak usia dini dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan kehidupan beragama di SMPN 2 Waru Sidoarjo dan implikasinya terhadap peserta didik, dan praktik kehidupan beragama peserta didik SMPN 2 Waru Sidoarjo dalam perspektif moderasi beragama Muhammad Quraish Shihab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus, karena dilakukan dengan pendekatan fenomena yang terjadi di lapangan serta didukung dengan pendapat atau pemikiran para ahli. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif karena hasil dari penelitian berupa tulisan deskriptif yang mengintepretasikan peristiwa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain, wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, validasi data dan dikuat dengan trigulasi. Hasil dari penelitian ini memberikan fakta bahwasannya SMP Negeri 2 Waru telah menerapkan pembiasaan keagamaan sejak tahun ajaran 2021/2022 yang wajib diikuti seluruh peserta didik. Pembiasaan keagamaan yang dilaksanakan peserta didik bagi yang beragam muslim berupa, pembacaan asmaul husna, shalat dhuha, keputrian, istigosah, sholawatan dan pembacaan alkitab, perayaan natal dan nyepi bagi peserta didik yang beragama Kriten, Katolik, dan Hindu. Kehidupan beragama yang diterapakan SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo mengacu pada konsep moderasi beragama Muhammad Quraish Shihab, dimana melalui pembiasaan keagamaan yang dilakukan oleh seluruh peserta didik tanpa ada mendeskriminasi yang beragama minoritas di sekolah telah menjadi bentuk implementasi moderasi beragama. Adanya pembiasaan keagamaan dan pembiasaan lainnya terkait moderasi beragama, peserta didik menjadi terbiasa untuk saling menghormati, menghargai, perbedaan ibadah guru dan teman sebaya yang beragama lain, bertutur kata sopan kepada guru dan teman, serta terhindar dari sikap intoleransi, merendahkan, dan radikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Mohamad Sofyanmohamadsofyan777@gmal.com06020120039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Toleransi Islam
Keywords: Kehidupan bergama; moderasi beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Sofyan Utama
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:14
Last Modified: 28 Jun 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70940

Actions (login required)

View Item View Item