Gaya bahasa dakwah Hj. Nikmatul Lailiyah pada program acara Asalam di channel TVRI Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodhiyah, Nur Rohmatur (2024) Gaya bahasa dakwah Hj. Nikmatul Lailiyah pada program acara Asalam di channel TVRI Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmatur Rodhiyah_04020120056 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nur Rohmatur Rodhiyah_04020120056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keingin tahuan peneliti mengenai gaya bahasa yang dipergunakan Hj. Nikmatul Lailiyah pada program acara Asalam di channel TVRI Jawa Timur, sehingga menarik masyarakat Jawa Timur dalam penyampaian dakwahnya. Dalam hal ini peneliti berfokus membahasa bagaimana gaya bahasa yang dipergunakan dalam dakwah Hj. Nikmatul Lailiyah dilihat dari pilihan kata, nada suara, dan struktur kalimatnya berdasarkan teori milik Gorys Keraf melalui metode pengumpulan data berbentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka, peneliti menggunakan model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, serta menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatana deskripstif yang dikupas secara mendalam dilihat dari hasil penelitian. Hasil analisis penelitian ini, ditemukan bahwa gaya bahasa Hj. Nikmatul Lailiyah pada program acara Asalam di channel TVRI Jawa Timur jika dilihat dari pilihan kata yang sering dipergunakan adalah gaya bahasa percakapan. Gaya bahasa dilihat dari nada suaranya paling sering adalah gaya bahasa menengah. Dan gaya bahasa dilihat dari struktur kalimatnya yang paling sering dipergunakan adalah gaya bahasa repetisi. Peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian lebih luas terkait gaya bahasa, bukan hanya ceramah di media massa seperti televisi dan media sosial seperti YouTube. Peneliti menyarankan untuk menggali data lebih dalam, tentunya dengan menggunakan referensi dari sumber yang terpercaya saat melakukan analisis data. Peneliti juga berharap penelitian selanjutnya terkait topik ini, dikembangkan menjadi retorika dakwah Hj. Nikmatul lailiyah. Sehingga bukan hanya tertuju pada satu program acara saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodhiyah, Nur Rohmaturnurrodhy@gmail.com04020120056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsa.ac.id2002047802
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Keywords: Gaya bahasa; Dakwah; media massa; Televisi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Rohmatur Rodhiyah
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:06
Last Modified: 28 Jun 2024 09:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70977

Actions (login required)

View Item View Item