Implementasi supervisi madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah: studi kasus di Kementerian Agama Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kustantya, Fildza Maulida (2024) Implementasi supervisi madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah: studi kasus di Kementerian Agama Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fildza Maulida Kustantya_06040320080 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Fildza Maulida Kustantya_06040320080.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Supervisi Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang tugas dan tanggung jawab pengawas madrasah dalam supervisi guna meningkatkan mutu madrasah di Kementerian Agama Kota Surabaya dan implementasi supervisi madrasah dalam meningkatakan mutu madrasah di Kementerian Agama Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pengawas madrasah dan waka kurikulum. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik triangulasi untuk memastikan validitas data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya implementasi supervisi madrasah berperan penting dalam meningkatkan mutu madrasah di Kota Surabaya. Hal ini meliputi 1) tugas dan tanggung jawab supervisi madrasah diantaranya, melakukan pembinaan guru dan kepala madrasah, memantau pelaksanaan 8 SNP, melaksanakan penilaian kinerja guru dan kepala madrasah, menyusun laporan tahunan supervisi, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan professional guru dan kepala madrasah, 2) implementasi supervisi madrasah idealnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan meliputi supervisi akademik dan supervisi manajerial, tahap evaluasi, dan tahap tindak lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kustantya, Fildza Maulidafildzamaulida28@gmail.com06040320080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisor.Sulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi madrasah; mutu madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fildza Maulida Kustantya
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:29
Last Modified: 02 Jul 2024 05:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71038

Actions (login required)

View Item View Item