Implementasi learning organization untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Nahdlatul Ulama Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiro, Afifatul (2024) Implementasi learning organization untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Nahdlatul Ulama Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatul Maghfiro_06040320066_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Afifatul Maghfiro_06040320066.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Learning Organization untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nahdlatul Ulama Ngingas. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi learning organization untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Nahdlatul Ulama Ngingas, faktor pendukung dan penghambat implementasi learning organization untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Nahdlatul Ulama Ngingas, dampak implementasi learning organization untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Nahdlatul Ulama Ngingas. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, guru, dan peserta didik. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpertasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa: (1) implementasi learning organization di MI Nahdlatul Ulama Ngingas memiliki potensi untuk meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan, yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, pembelajaran kreatif dan berinovasi, guru mengikuti pelatihan secara teratur dan menyeluruh, dan sarana prasarana lebih mendukung. (2) faktor pendukung implementasi learning organization, meliputi komitmen kepemimpinan yang kuat, partisipatif aktif guru, dan budaya kolaborasi, sedangkan faktor pengahmbat, meliputi: resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan anggaran (3) dampak implementasi learning organization di MI Nahdlatul Ulama Ngingas memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan, yaitu: kompetensi guru, meningkatnya kualitas pengajaran, dan pengembangan kerja guru yang meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiro, Afifatulafifatulmagfiroh99@gmail.com06040320066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Budaya Organisasi
Pendidikan Islam
Keywords: Implementasi; learning organization; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: afifatul maghfiro
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:42
Last Modified: 02 Jul 2024 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71071

Actions (login required)

View Item View Item