Pengaruh penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II Di MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiah, Izza (2024) Pengaruh penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II Di MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Maulidiah_06040720077 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Izza Maulidiah_06040720077 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di kelas II menunjukkan bahwa kemampuan membaca peserta didik masih rendah. Hal tersebut diindikasikan dengan kemampuan membaca peserta didik yang belum mampu menghafal huruf abjad dengan baik. Upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca, guru mencoba untuk menerapkan media big book dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. peneliti terdorong untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas II MIN 2 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media big book di kelas II MIN 2 Sidoarjo serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas II MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunaan desain quasi eksperiment. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengumpulan data mencakup tes kemampuan membaca permulaan, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui pengujian independent sample t-test. Selain itu menggunakan uji normalitas, homogenitas sebagai uji prasyarat untuk mengetahui kualitas data yang digunakan. Nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan media big book yaitu 9,32 sedangkan sesudah menggunakan media big book yaitu 12,39. Menurut hasil uji hipotestis dengan menggunakan uji t-test menyatakan bahwa nilai dan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di MIN 2 Sidoarjo. Hal ini diperkuat oleh peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik sebesar 10% dengan persentases sebelum perlakuan 11% menjadi 21% setelah perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiah, Izzaizza.maulidiah06@gmail.com06040720077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Anak
Bahasa Indonesia
Pendidikan
Keywords: Media Big Book; Kemampuan Membaca Permulaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izza Maulidiah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:27
Last Modified: 02 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71089

Actions (login required)

View Item View Item