Pengaruh media monopoli terhadap antusiasme belajar mata pelajaran PPKN pada peserta didik kelas V MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosanti, Neta Aprilia (2024) Pengaruh media monopoli terhadap antusiasme belajar mata pelajaran PPKN pada peserta didik kelas V MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Neta Aprilia Rosanti_06040720086.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Neta Aprilia Rosanti_06040720086_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran PPKn diajarkan kepada peserta didik untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berpikiran terbuka sejalan dengan UUD 1945 dan Pancasila. Berdasarkan observasi awal peneliti dan hasil wawancara bersama guru kelas V menunjukkan bahwa peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran PPKn, hal ini dilihat pada saat observasi peserta didik yang semakin lama semakin jenuh dan bosan sehingga banyak yang mengobrol dengan temannya. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapkan media Monopoli dalam pembelajaran PPKn dan peneliti terdorong untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh dengan menerapkan media Monopoli terhadap antusiasme belajar materi Pancasila di kelas V MIN 2 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media Monopoli terhadap Antusiasme belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn di kelas V MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan sampel purposif sebagai subjek penelitian. Instrumen yang diterapkan dalam proses pengumpulan data mencakup observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penggunaan uji independent sample t-test. Selain itu, uji normalitas dan homogenitas juga diterapkan untuk memastikan kualitas data yang digunakan dalam analisis. Dalam penelitian ini peningkatan rata-rata antusiasme belajar peserta didik sebesar 40% sesudah diberikan perlakuan menggunakan media Monopoli, dimana persentase antusiasme belajar peserta didik meningkat dari 20% sebelum perlakuan menjadi 60% sesudah perlakuan tersebut diberikan.Hal ini juga diperkuat oleh hasil uji hipotesis menggunakan Uji T (t-test), menyatakan nilai thitung sebesar 4,402 > ttabel sebesar 2,011 dan nilai signifikasinya <0,001. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, menandakan bahwa penggunaan media Monopoli memiliki pengaruh signifikan terhadap antusiasme belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dalam mempelajari materi pancasila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosanti, Neta Apriliarosantineta@gmail.com06040720086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Media monopoli; antusiasme belajar PPKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Neta Aprilia Rosanti
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:49
Last Modified: 05 Jul 2024 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71118

Actions (login required)

View Item View Item