Pemahaman makna hidup warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Pondok Benowo Indah (PBI): perspektif viktor frankl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andika, Akmal Putra (2024) Pemahaman makna hidup warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Pondok Benowo Indah (PBI): perspektif viktor frankl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akmal Putra Andika_07040620064 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akmal Putra Andika_07040620064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam perkembangannya manusia di hadapkan dengan berbagai tantangan hal ini berpengaruh pada pembentukan karakter dan spiritualitas seseorang. Dalam hal ini muncullah perkembangan terbaru yang menyatakan ukuran spiritual dalam keberadaan manusia. Logoterapi adalah suatu pendekatan psikologis yang berakar dari pengalaman sehari-hari dan introspeksi diri. Dalam konteks ini, ajaran PSHT hadir, sebagai salah satu upaya guna menunjukkan potensi yang besar dalam membentuk karakter dan spiritualitas individu. Penelitian ini secara Khusus mengkaji Pemahaman Makna Hidup Warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Pondok Benowo Indah (PBI) Prespektif Victor Frankl. Fokus utama penelitian adalah Memahami Makna Hidup Warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon PBI Prespektif Victor Frankl. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti, bagaimana pemahaman makna hidup menurut ajaran PSHT di Rayon PBI prespektif Victor Frankl. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Sumber data primer yang digunakan berupa wawancara dengan beberapa warga PSHT Rayon PBI dalam beberapa pertemuan. Menggunakan teknik sampling berupa purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu pengurus rayon PBI. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara kepada beberapa Warga PSHT Rayon PBI. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Pemahaman makna hidup warga PSHT rayon PBI tercermin dalam lima ajaran pokok PSHT, baik dalam aktivitas keorganisasian, sosisal maupun spiritual. 2) Pemahaman makna hidup menurut ajaran PSHT di Rayon PBI perspektif Victor Frankl mengenai hal ini Frankl memandang individu sehat, yaitu individu yang dapat menemukan kebermaknaan hidupnya melalui realisasi nilai-nilai manusiawi. Beberapa faktor yang mempengaruhi makna hidup seorang warga PSHT perspektif Frankl: dari aspek Spiritualitas, aspek Kebebasan dan aspek Tanggung Jawab, Hal ini tercermin dalam ajaran PSHT yang mana dalam kegiatannya PSHT mengajarkan tidak hanya olah tubuh saja akan tetapi diajarkan juga untuk berbuat baik kepada sesama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andika, Akmal Putraakmalputraandika3@gmail.com07040620064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Bimbingan Konseling
Contextual Teaching and Learning
Kesehatan
Kesehatan

Perilaku
Psikoterapi
Keywords: Makna Hidup; Spiritualitas; PSHT Rayon PBI
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Akmal Putra Andika
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:56
Last Modified: 03 Jul 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71155

Actions (login required)

View Item View Item