Metode muhasabah diri dalam meningkatkan self esteem pada masa quarter life crisis: studi kasus mahasiswa prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Nur Salma Ni'matun (2024) Metode muhasabah diri dalam meningkatkan self esteem pada masa quarter life crisis: studi kasus mahasiswa prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Salma Ni'matun Nada_07020620052.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salma Ni'matun Nada_07020620052_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang metode muhasabah diri yang diterapkan oleh mahasiswa tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam meningkatkan self esteemnya saat masa quarter life crisis. Diumur 20-an mereka mulai banyak mendapat tuntutan terkait masa depannya, tak banyak dari beberapa individu merasa terbebani dengan tuntutan tersebut dan berdampak respon negatif dan ketimpangan emosional, yang diistilahkan dengan quarter life crisis. Jika ketimpangan emosional ini tidak diatasi dengan tepat, akan menjadi permasalahan yang berkepanjangan dan memicu stres maupun permasalahan psikologis lain. Sehingga perlu meningkatkan self esteem pada masa quarter life crisis sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan batinnya. Metode muhasabah diri perlu diterapkan sebagai cara untuk memahami, mengenal, mengeksplorasi diri sendiri untuk meningkatkan self esteem pada setiap diri individu. Rumusan masalah yang diangkat 1) Bagaimana kondisi quarter life crisis yang dirasakan mahasiswa Prodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya? 2) Bagaimana metode muhasabah diri yang diterapkan dalam meningkatkan self esteem mahasiswa Prodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya? 3) Bagaimana kondisi self esteem dan perannya dalam menghadapi masa quarter life crisis mahasiswa Prodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan metode muhasabah diri dalam meningkatkan self esteem saat krisis seperempat abad. Jenis peneelitian yang diterapkan yaitu field research menggunakan mix method dengan sequential explaratory design. Pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner alat ukur self esteem yaitu Rosenberg self esteem scale. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Didapatkan hasil bahwa melalui penerapan metode muhasabah diri dapat meningkatkan self esteem subjek, ditandai dengan upya mengenal lebih dalam dirinya, menggali kemampuan dan menerima kekurangan serta kelebihannya. Sehingga subjek memiliki kepercayaan diri yang baik dan memiliki penilaian berharga pada diri sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Nur Salma Ni'matunnadasalma030902@gmail.com07020620052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Psikologi Islam
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Muhasabah diri; self esteem; quarter life crisis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: salma nada
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:28
Last Modified: 31 Jul 2024 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71169

Actions (login required)

View Item View Item