Peningkatkan rasa percaya diri melalui metode bermain peran pada peserta didk kelompok A TK Muslimat Bunga Harapan Sumberwudi, Karanggeneng, Lamongan tahun 2023/2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Herlina Widya (2024) Peningkatkan rasa percaya diri melalui metode bermain peran pada peserta didk kelompok A TK Muslimat Bunga Harapan Sumberwudi, Karanggeneng, Lamongan tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herlina Widya Puspitasari_06020920023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Herlina Widya Puspitasari_06020920023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kepercayaan diri pada peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh perilaku peserta didik yang masih bergantung kepada orang lain pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, tidak dapat tenang pada saat mengerjakan tugas, belum memiliki pengendalian diri sehingga dapat memprovokasi teman sekelilingnya, serta tidak percaya akan dirinya sendiri dalam menghadapi segala sesuatu. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelompok A TK Muslimat Bunga Harapan Sumberwudi, Karanggeneng, Lamongan. 2) Bagaimana peningkatan rasa percaya diri peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan bermain peran pada peserta didik kelompok A TK Muslimat Bunga Harapan Sumberwudi, Karanggeneng, Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan II terdapat empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pad penelitian ini menggunakan teknik observasi, Wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; 1) Penerapan kegiatan pembelajaran menggunakan metode bermain peran pada peserta didik kelompok A TK Muslimat Bunga Harapan Sumberwudi, Karanggeneng, Lamongan sudah dilakukan sangat baik. Terbukti dari hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik yang telah dilakukan oleh peneliti. Hasil perkembangan dari aktivitas guru pada siklus I mendapatkan angka 68,42% dengan kategori kurang menjadi 93,42% dengan kategori Sangat baik pada siklus II. Begitupun dengan keaktifan peserta didik menghadapi perkembangan selama jalannya kegiatan bermain peran. Dengan ini bukti hasil perkembangan aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan angka 65% dengan kategori kurang menjadi 85% dengan kategori baik pada siklus II. 2) Kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelompok A TK Muslimat Bunga Harapan, Sumberwudi, Karanggeneng, Lamongan. Hal ini dibuktikan oleh rata-rata kepercayaan diri peserta didik dan hasil peningkatan kepercayaan diri peserta didik selama penelitian berlangsung. Rata-rata yang diperoleh pada siklus I berada di angka 48,34 dengan hasil peningkatan kepercayaan diri peserta didik di angka 43,33% masuk kedalam kategori mulai berkembang (MB), kemudian terdapat peningkatan pada siklus II yang memperoleh rata-rata 71,66 dengan hasil peningkatan kepercayaan diri peserta didik di angka 76,66% masuk kedalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Herlina Widya06020920023@student.uinsby.ac.id06020920023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Subjects: Anak
Belajar
Pendidikan
Keywords: Kepercayaan diri; bermain peran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Herlina Widya Puspitasari
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:06
Last Modified: 05 Jul 2024 01:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71229

Actions (login required)

View Item View Item