Implementasi zuhud untuk menghadapi kehidupan di era modern: jama'ah tarekat qadhiriyah wa naqsyabandiyah majelis mujahadah dalailul khairat Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichah, Ismi Da'iatus (2024) Implementasi zuhud untuk menghadapi kehidupan di era modern: jama'ah tarekat qadhiriyah wa naqsyabandiyah majelis mujahadah dalailul khairat Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Da'iatus Solichah_07010620010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ismi Da'iatus Solichah_07010620010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Implementasi Zuhud untuk Menghadapi Kehidupan Era Modern. Latar belakang penelitian ini di era modern, Manusia merasa tertekan dalam menjalani hidup mereka dan kemajuan teknologi yang pesat sering kali membawa dampak negatif yang menyebabkan individualisme. Seperti jamaah yang menjalani hidup sederhana dan sebagian dari mereka bekerja sebagai petani atau memiliki pekerjaan lain, namun mereka tetap menyisihkan waktu untuk mengikuti pengajian di majelis mujahadah dalailul khairat, tidak hanya itu jamaahnya sangat kompak dan guyub. Penulis mengangkat rumusan masalah tentang bagaimana Penanaman Nilai Zuhud pada Jama’ah Tarekat Qadhiriyah Wa Naqsyabandiyah dan Bagaimana Dampak Zuhud dalam Menghadapi Kehidupan di Era Modern Jama’ah Tarekat Qadhiriyah Wa Naqsyabandiyah. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari mulai observasi dengan mengamati keadaan lingkungan sekitar, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penanaman nilai zuhud yakni metode ceramah yang menggunakan kitab Nashoihul Ibad dalam hidup harus sederhana, jika diberi ujian maka harus bersabar. Dampaknya agar manusia tidak merasa kekurangan atau stres jika harta diambil Allah karena telah belajar zuhud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichah, Ismi Da'iatusismisolichah3@gmail.com07010620010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail20207906
Subjects: Tasawuf
Spiritualisme
Keywords: Penanaman; zuhud; era modern
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ismi Daiatus Ismi daiatus
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:20
Last Modified: 05 Jul 2024 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71230

Actions (login required)

View Item View Item