(دراسة علم الأدب النفسي ) شخصية الأشخاص الرئيسية في مسرحية "إبراهيم باشا" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatika, Nur (2024) (دراسة علم الأدب النفسي ) شخصية الأشخاص الرئيسية في مسرحية "إبراهيم باشا" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmatika_03020120063.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Rohmatika_03020120063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertitik fokus pada kepribadian tokoh utama dalam naskah drama “Ibrahim Pasha” karya Ali Ahmad Bakatsir. Drama ini menceritakan tentang kisah seorang pemimpin Sungai Nil yang memiliki cita-cita mulia yaitu menyatukan negara-negara arab dalam satu kepemimpinan. Di dalam upaya merealisasikan impiannya, terdapat banyak rintangan yang dihadapi ibrahim pasha. oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepribadian tokoh utama dalam drama “Ibrahim Pasha” karya Ali Ahmad Bakatsir? Untuk mendedah permasalahan di atas, penulis menggunakan teori psikoanalisis menurut Sigmund Freud. teori ini mengungkapkan bahwa setiap manusia memiliki tiga struktur kepribadian, yaitu : Id, Super ego, dan Ego. Id adalah naluri yang menuntut manusia agar memenuhi keinginannya. Super ego adalah pengendali yang bertindak sesuai dengan aturan, adat istiadat, dan moralitas. Ego adalah pelaksana yang bertindak dengan dibatasi oleh realitas. Adapun metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Kualitatif artinya menggunakan data yang berupa kata-kata untuk memperoleh makna. Deskriptif berarti memaparkan hasil analisis kepribadian tokoh utama dalam drama “Ibrahim Pasya” karya Ali Ahmad Bakatsir menurut teori Sigmund Freud. Setelah proses penelitian, peneliti menemukan hasil bahwa kepribadian tokoh utama dalam drama “Ibrahim Pasha” karya Ali Ahmad Bakatsir adalah peduli, bijaksana, optimis, adil, dan pemaaf. Peduli adalah memberikan layanan secara sukarela pada orang lain. Bijaksana adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya dan bertindak sesuai yang seharusnya untuk mencapai kebenaran. Optimis adalah keyakinan dengan penuh harapan baik atas segala peristiwa yang terjadi baik peristiwa positif ataupun negatif. Adil adalah tindakan menyamaratakan semua orang dengan mengutamakan kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi. Pemaaf adalah sikap mampu menghapus kesalahan tanpa membenci pelaku kesalahan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatika, NurRohmatikanur701@gmail.com03020120063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Subjects: Kepribadian
Psikologi
Sastra
Keywords: kepribadian; Sigmund Freud; Ibrahim Pasha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: nur rohmatika
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:56
Last Modified: 05 Jul 2024 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71252

Actions (login required)

View Item View Item