Pengaruh penggunaan media kincir pintar terhadap keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Siti Rodliyah Eka (2024) Pengaruh penggunaan media kincir pintar terhadap keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rodliyah Eka Agustina_06010720017.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Siti Rodliyah Eka Agustina_06010720017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara kepada guru dan peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin yang menunjukkan bahwa keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik masih tergolong rendah. Guru menggunakan media berupa buku paket sehingga peserta didik bosan mengikuti pembelajaran bahasa Jawa. Tujuan penelitian yaitu: 1) mengetahui keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media kincir pintar. 2) mengetahui pengaruh penggunaan media kincir pintar terhadap keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan, Bungah, Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen jenis time series design. Peneliti melakukan tes sebelum perlakuan (pre test) dan tes sesudah perlakuan (post test) pada keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik. Pre test dan post test dilakukan sebanyak tiga kali untuk mengetahui kestabilan data nilai peserta didik. Perlakuan hanya dilakukan sebanyak satu kali pada satu kelas. Sebelum diterapkan kepada sampel, instrumen penelitian berhasil melewati proses uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhitungan rata-rata nilai pre test 1 sebesar 44,39, pre test 2 sebesar 44,97, dan pre test 3 sebesar 44,76. Sedangkan perhitungan rata-rata nilai post test menunjukkan hasil sebesar 59,47 pada post test 1, 59,29 pada post test 2, dan 60,34 pada post test 3. Selisih nilai rata-rata pada pre test dan post test menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan. 2) Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (0,000) < 0,05 dan nilai thitung (14,307) > ttabel (2,208). Nilai R Square sebesar 0,850 atau 85% menunjukkan bahwa media kincir pintar berpengaruh besar terhadap keterampilan membaca aksara Jawa. Selain itu, nilai keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik diperkirakan naik sebesar 36.972 apabila menggunakan media kincir pintar sesuai indikator yang telah ditetapkan oleh peneliti. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kincir pintar pengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca aksara Jawa peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Gresik. Guru dapat menggunakan media kincir pintar sebagai media pembelajaran alternatif pada materi aksara Jawa dan pasangannya guna menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan interaktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Siti Rodliyah Ekarodliyaheka@gmail.com06010720017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Kebudayaan Jawa
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Aksara Jawa; keterampilan membaca; kincir pintar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Rodliyah Eka Agustina
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:09
Last Modified: 05 Jul 2024 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71256

Actions (login required)

View Item View Item