Perancangan Pusat Seni dan Kerajinan di Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan Arsitektur Neo Vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Febrian Alief Wahyu (2024) Perancangan Pusat Seni dan Kerajinan di Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan Arsitektur Neo Vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrian Alief Wahyu Nugroho_09040320056 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Febrian Alief Wahyu Nugroho_09040320056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Di Kabupaten Sidoarjo, banyak peminat dan penggiat seni. Hampir semua aliran seni, termasuk seni rupa, seni, musik, tari, teater, dan pertunjukan, ada dan berkembang di sana. Namun sayangnya, pemerintah daerah kurang memperhatikan minat seni ini, terutama dalam hal infrastruktur. Sidoarjo juga dikenal dengan banyaknya pelaku usaha UMKM dan sedang berfokus membangun ekonomi mikro daerah.Namun masih banyak pelaku UMKM mengalami beberapa kendala, terutama dalam segi pemasaran. Sehingga diperlukan sebuah ruang bagi pelaku seni sebagai tempat melakukan segala aktivitas dan juga tempat bagi pengusaha mikro kreatif untuk produk memasarkan hasil karya mereka. Arsitektur neo vernakular sendiri merupakan sebuah identitas bangunan yang didalamnya mencakup dua unsur budaya yaitu tradisional dan kontemporer. Neo vernakular juga merupakan sebuah identitas dari beberapa bangunan publik yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Perancangan dengan pendekatan Neo Vernakular diharapkan dapat menjawab persoalan tentang bangunan pusat seni dan kerajinan dengan mengutamakan unsur lingkungan dan kebudayaan setempat. Pada akhirnya hasil perancangan gedung Pusat Seni dan Kerajinan ini memliki bentuk dan ciri khas dari daerah Sidoarjo, menyesuaikan iklim dan budaya sekitar dan juga dapat mengakomodasi seluruh kegiatan dalam bangunan. Sehingga objek perancangan dapat menjadi daya tarik dan objek rekreasi baru yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Febrian Alief Wahyuhafidsyekher@gmail.comhafidsyekher@gmail.com
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Budaya
Keywords: Pusat seni; Usaha Mikro Kecil Menengah; Arsitektur Neo Vernakular.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Febrian Alief Wahyu Nugroho
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:18
Last Modified: 04 Jul 2024 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71266

Actions (login required)

View Item View Item