Implementasi isqat altadbir ibn athaillah pada mahasiswi semester akhir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menemukan pasangan hidup

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajri, Khoirunnisa Nurul (2024) Implementasi isqat altadbir ibn athaillah pada mahasiswi semester akhir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menemukan pasangan hidup. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirunnisa Nurul Fajri_07040620075 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khoirunnisa Nurul Fajri_07040620075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Isqat al Tadbir Ibn Athaillah Pada Mahasiswi Semester Akhir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan adanya konsep Isqat al Tadbir Ibn Athaillah mampu mendeskripsikan sikap berserah terhadap apa yang telah diusahakan dalam menemukan pasangan hidup. Penelitian ini mengkaji pemahaman mahasiswi semester akhir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya tentang Isqat al-Tadbir dalam menemukan pasangan hidup serta faktor yang mempengaruhi keputusan mereka dalam memilih pasangan hidup. Isqat al Tadbir adalah suatu konsep dalam islam yang berarti menghilangkan kekhawatiran, kecemasan, kesusahan yang mampu diatasi melalui usaha dan doa kepada Allah SWT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode purposive sampling dengan kriteria Mahasiswi semester akhir yang belum pernah menjalin hubungan dengan lawan jenis di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yang menjadi sasaran objek penelitian.Terdapat 12 mahasiswi semester akhir yang sesuai sampling. Penelitian ini telah dilakukan observasi dan dokumentasi dengan objek penelitian guna memperkuat data penelitian, dengan keabsahan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat memiliki pemahaman yang cukup baik tentang Isqat al Tadbir, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka dalam mencari pasangan hidup antara lain agama, sifat karakter, dan sosial. Penelitian ini menghasilkan tiga tipologi dalam implementasi Isqāt al-Tadbīr yaitu, berusaha dan berdoa, berdoa namun kurang dalam berusaha, serta kurang yakin dalam berdoa dan usaha. Dari ketiga kategori tersebut, mayoritas responden, yaitu 9 dari 12 orang, memilih kategori pertama, yaitu berusaha dan berdoa. kategori kedua hanya dipilih oleh 2 dari 12 responden sedangkan kategori ketiga dipilih oleh 1 dari 12 responden. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas responden cenderung memilih kategori pertama sebagai pilihan yang terbaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajri, Khoirunnisa Nurulkhoirunnisanfajri@gmail.com07040620075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Akhlak
Adopsi
Filsafat > Filsafat Islam
Fikih > Fikih Wanita
Keywords: Isqat al Tadbir; Mencari Pasangan Hidup; Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Nisa Khoirunnisa Nurul
Date Deposited: 06 Jul 2024 11:59
Last Modified: 06 Jul 2024 11:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71339

Actions (login required)

View Item View Item