Analisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan latar belakang pendidikan pengalaman lintas budaya dan siswa dengan latar belakang pendidikan Sekolah Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Nafisyah Alfiyanti (2024) Analisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan latar belakang pendidikan pengalaman lintas budaya dan siswa dengan latar belakang pendidikan Sekolah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafisyah Alfiyanti Nabilah_06020420036 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nafisyah Alfiyanti Nabilah_06020420036 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa-siswa kelas X di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang memiliki siswa dengan latar belakang pendidikan lintas budaya beda negara. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan latar belakang pendidikan pengalaman lintas budaya dan siswa dengan latar belakang pendidikan Sekolah Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Selain itu penelitian ini mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan latar belakang pendidikan pengalaman lintas budaya dan siswa dengan latar belakang pendidikan Sekolah Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara terstruktur. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif terdiri dari 2 soal esai dan pedoman wawancara. Tempat penelitian dalam penelitian ini adalah jenjang SMA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa SMA yang terdiri dari 2 subjek siswa dengan latar belakang pendidikan sekolah Malaysia, 2 subjek siswa dengan latar belakang pendidikan sekolah Internasional dan 2 subjek siswa dengan latar belakang pendidikan sekolah Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan latar belakang pengalaman pendidikan lintas budaya SD-SMP sekolah Malaysia dan SD-SMP sekolah Internasional secara kesuluruhan menunjukkan aspek keaslian (originality) sedang, dan aspek elaborasi (elaboration) sedang. Sedangkan sebagian besar belum menunjukkan aspek kelancaran (fluency) yaitu sangat rendah, dan aspek keluwesan (flexibility) sangat rendah. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan latar belakang pengalaman pendidikan SD-SMP Sekolah Indonesia dapat menunjukkan semua aspek dalam kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu aspek kelancaran (fluency) sangat tinggi, aspek keluwesan (flexibility) sedang, aspek keaslian (originality) tinggi serta aspek elaborasi (elaboration) sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Nafisyah Alfiyantinafisyah.nan@gmail.com06020420036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsa.ac.id0007128007
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Berpikir Kreatif Matematis; Pengalaman Lintas Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nafisyah Alfiyanti Nabilah
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:36
Last Modified: 08 Jul 2024 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71349

Actions (login required)

View Item View Item