Implementasi pendidikan damai agama di Sekolah Minggu Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanti, Dennis Oksana (2024) Implementasi pendidikan damai agama di Sekolah Minggu Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dennis Oksana Ariyanti_07020220022.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dennis Oksana Ariyanti_07020220022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi implementasi pendidikan damai agama dengan menggunakan studi kasus GKJW Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan tentunya memiliki urgensitas penelitian, yaitu mengenai banyaknya kasus kekerasan dan bullying yang terjadi di wilayah Sidoarjo. Dengan ditanamkan dan diajarkannya anak-anak pendidikan damai agama sejak dini diharapkan dapat mencegah dan mengurangi kasus kekerasan dan bullying. Sesuai dengan ajaran agama bahwa Tuhan tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berperilaku buruk seperti melakukan kekerasan dan bullying. Begitu juga dengan ajaran agama Kristen yang mengajarkan sejak dini untuk tidak melakukan tindakan kekerasan, dan sebagai umat Kristus harus bisa menjaga perdamaian dengan cara tidak melakukan kekerasan ataupun bullying dan menegakkan hidup toleransi dengan sesama umat Kristen ataupun dengan umat agama lain. Melalui Sekolah Minggu GKJW Sidoarjo ini dapat dijadikan suatu wadah pendidikan nonformal dalam mendukung pendidikan damai agama. Dengan menggunakan program pembelajaran dan praktik pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak melalui kelas batita balita, madya, pratama, dan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi partisipasif dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang diperoleh dri ketua, sekertaris, pamong Sekolah Minggu GKJW Sidoarjo. Penelitian ini tentunya di dukung dengan teori pendidikan damai Susan Fountain, dengan pemikirannya bahwa pendidikan damai dapat didukung melalui pendekatan ilmu pengetahuan; keterampilan dan tingkah laku; serta keilmuan, keterampilan, dan tingkah laku. Dan untuk hasil dari penelitian ini menyoroti program dan praktik pembelajaran yang diterapkan kepada murid-murid Sekolah Minggu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanti, Dennis Oksanadennisoksanaariyanti@gmail.com07020220022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Pendidikan
Perdamaian
Keywords: Sekolah Minggu; program; praktik pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Dennis Oksana Ariyanti
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:29
Last Modified: 08 Jul 2024 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71357

Actions (login required)

View Item View Item