Analisis wacana multikulturalisme dalam film Yowis Ben Finale

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Fajriyatun Nadhifatu (2024) Analisis wacana multikulturalisme dalam film Yowis Ben Finale. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajriyatun Nadhifatu Aliyah_07020220024.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fajriyatun Nadhifatu Aliyah_07020220024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Film adalah medium seni yang telah ada selama lebih dari satu abad. Dalam perkembangannya, film telah menjadi salah satu bentuk hiburan paling berpengaruh di dunia. Film tidak hanya menghibur penontonnya tetapi juga berperan penting dalam membentuk budaya, politik, dan masyarakat. Seiring waktu, film telah menjadi media yang sangat kuat untuk menyampaikan pesan, mengungkapkan cerita, dan merangsang emosi penonton. Metode yang peneliti gunakan adalah model Teun Van A Djik. Menurut Van dijk, kajian wacana bukan sekedar tentang teks, namun juga tentang bagaimana teks itu diproduksi. Inti analisis Teun Van A Djik memadukan tiga aspek wacana menjadi satu analisis, yakni dimensi teks, dimensi konteks, dan dimensi kognisi. Dalam hal ini, peneliti berfokus kepada multikulturalisme mengenai “sikap dan peran sekumpulan anak muda dan lingkungannya terhadap Tuhan dan sesama”, dalam dialog dan adegan film Yowis Ben Finale yang dijadikan sebuah teks. Pencatatan scene yang peneliti lakukan berdasarkan pada alur skenario. Berhubung film Yowis Ben 90% menggunakan Bahasa Jawa, maka dialog akan juga akan ditulis menggunakan Bahasa Jawa, tetapi tetap peneliti sertakan dialog terjemahannya ke dalam Bahasa Indonesia. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa strategi wacana dalam film ini mengacu pada prinsip-prinsip yang dianalisis oleh Van Dijk, yang mencakup elemen-elemen seperti tema, struktur, makna, tata bahasa, gaya bahasa, serta cara penggunaan percakapan dan ungkapan kiasan dalam strategi retoris. Komunikator dalam film menggunakan strategi wacana dengan cara mengatur jumlah dan penempatan adegan untuk menyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan, menekankan beberapa pesan dan mengurangi intensitas adegan lain, serta memperkuat karakter atau tokoh tertentu dan mengurangi fokus pada karakter atau tokoh lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Fajriyatun Nadhifatudivaallya70@gmail.com07020220024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNisa`, Khalimatukhalimatunisa@gmail.com199303172022032001
Subjects: Budaya - Agama
Pluralisme
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Film; analisis wacana
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: fajriyatun nadhifatu aliyah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:16
Last Modified: 09 Jul 2024 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71387

Actions (login required)

View Item View Item