تحليل التقييم التشخيصي في تعلم اللغة العربية على أساس تعلم التمايز لطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الواحد سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Laily Mafthukhatul (2024) تحليل التقييم التشخيصي في تعلم اللغة العربية على أساس تعلم التمايز لطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الواحد سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Mafthukhatul Hikmah_06020220043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Laily Mafthukhatul Hikmah_06020220043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: ١) Menganalisis bentuk asesmen diagnostik yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII di MTsN ١ Sidoarjo ٢) Mengetahui terkait penerapan asesmen diagnostik dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis diferensiasi pada peserta didik kelas VIII di MTsN ١ Sidoarjo ٣) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan asesmen diagnostik pada pembelajaran bahasa Arab berbasis pembelajaran diferensiasi di kelas VIII MTsN ١ Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di MTsN ١ Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini: ١) Bentuk asesmen diagnostik yang digunakan dalam penerapan pembelajaran bahasa arab berdiferensiasi di madrasah tsanawiyah negeri ١ sidoarjo adalah tes kognitif tertulis berbentuk pilihan ganda dengan menyesuaikan kompetensi dan capaian pembelajaran yang telah ditentukan. ٢) Penerapan asesmen diagnostic dalam pembelajaran bahasa arab berdiferensiasi di kelas ٨ mtsn ١ sidoarjo sudah dilakukan dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tindak lanjut yang dilakukan guru dalam pembelajaran. ٣) Faktor pendukung penerapan asesmen diagnostik dalam pembelajaran bahasa arab berdiferensiasi meliputi: motivasi guru dan pemahaman guru terhadap informasi yang didapatkan terkait asesmen diagnostik dan pembelajaran diferensiasi, serta motivasi siswa juga menjadi faktor yang utama dalam terlaksananya pembelajaran sesuai yang diinginkan. Sedangkan faktor yang menghambat contohnya yaitu kurangnya fasilitas/ sarana prasarana yang memadai, seperti jaringan internet/ wifi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Laily Mafthukhatullailymhh20@gmail.com06020220043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorJunaedi, Junaedijunaedirosyid18@gmail.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Asesmen diagnostik; pembelajaran; diferensiasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Laily Mafthukhatul Hikmah
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:56
Last Modified: 11 Jul 2024 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71416

Actions (login required)

View Item View Item