PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI NURUL HUDA KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Mafulah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI NURUL HUDA KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis pengumuman pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Krian Sidoarjo. Hal ini dikarenakan guru yang sering memerintahkan siswa untuk mengerjakan soal latihan berupa pilihan ganda ataupun tes tulis. Selain itu, kurangnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki siswa karena siswa lebih sering menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya. Maka perlu diterapkannya model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu dengan menggunakan model Concept Sentence.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan menulis pengumuman pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Krian Sidoarjo sebelum diterapkannya model Concept Sentence, (2) Bagaimana penerapan model Concept Sentence dalam meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Krian Sidoarjo, (3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis pengumuman pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Krian Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan penilaian non tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan menulis siswa kelas IV MI Nurul Huda Krian Sidoarjo masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari sebelum diterapkannya model Concept Sentence nilai rata-rata siswa dalam menulis adalah 61,87 dengan ketuntasan belajar siswa 15,63%. (2) Penerapan model Concept Sentence pada materi menulis pengumuman pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Krian Sidoarjo dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 72,5% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 75% meningkat menjadi 85% pada siklus II. (3) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan produk tulisan siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata menulis siswa pada siklus I sebesar 72,12 menjadi 81,84 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 46,88% menjadi 84,87% pada siklus II dengan kategori baik.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Pengumuman; Model Concept Sentence; Bahasa Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Mafulahkmafulah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Menulis; Pengumuman; Model Concept Sentence; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mafulah kurniawati
Date Deposited: 29 Jun 2016 07:44
Last Modified: 29 Jun 2016 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7142

Actions (login required)

View Item View Item