PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI PERMAINAN PUZZLE DAN MEDIA WALL CHART SISWA KELAS V MI NURUL HUDA KRIAN-SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Shofiatus (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI PERMAINAN PUZZLE DAN MEDIA WALL CHART SISWA KELAS V MI NURUL HUDA KRIAN-SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada pokok bahasan”في المدرسة” (di sekolah) yang dilaksanakan di MI Nurul Huda kelas V belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab, sesuai dengan hasil prosentase ketuntasan pra siklus, yakni 14% . Siswa cenderung pasif saat mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang optimal. Menanggapi hal tersebut, maka dengan melaksanakan permainan Puzzle dan Media Wall Chart melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa MI Nurul Huda Krian-Sidoarjo.
Berdasarkan latar belakang yang ada, permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan puzzle dan media wall chart dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas V MI Nurul Huda Krian-Sidoarjo? dan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas V MI Nurul Huda Krian-Sidoarjo melalui permainan puzzle dan media wall chart?
Model penelitian tindakan kelas yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian performance, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan puzzle dan media wall chart dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa telah dilaksanakan dengan baik, dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 65,48% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,81%. Begitupun keterampilan berbicara bahasa Arab siswa mengalami peningkatan, terlihat dari ketuntasan penilaian performance pada siklus I sebesar 57,14%, dan meningkat pada siklus II sebesar 89,28%. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,08 dan meningkat pada siklus II sebesar 83,92.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Shofiatusjentuz_5@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Keterampilan Berbicara; Bahasa Arab; Permainan Puzzle; Media Wall Chart
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: shofiatus sholihah
Date Deposited: 29 Jun 2016 07:41
Last Modified: 29 Jun 2016 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item