Pengembangan Modul Islamic Cognitive Reframing untuk meningkatkan penerimaan diri pada orang tua anak berkebutuhan khusus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hendraswari, Febrina Prahesti (2024) Pengembangan Modul Islamic Cognitive Reframing untuk meningkatkan penerimaan diri pada orang tua anak berkebutuhan khusus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrina Prahesti Hendraswari_04020320025_ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Febrina Prahesti Hendraswari_04020320025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Modul Islamic Cognitive Reframing untuk meningkatkan Penerimaan diri pada orang tua anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian merupakan suatu proses pengembangan modul Islamic Cognitive Reframing sebagai media konseling untuk meningkatkan penerimaan diri pada orang tua Anak Berkebutuhan Khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development meliputi 8 dari 10 tahapan yang berhasil peneliti lakukan yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain modul, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, perbaikan produk, dan uji coba pemakaian. Kesimpulannya modul Islamic Cognitive Reframing ini layak digunakan sebagai media konseling yang bertujuan untuk meningkatkan penerimaan diri pada orang tua Anak Berkebutuhan Khusus. Terdapat 5 indikator pencapaian yang peneliti lakukan yaitu orang tua menyadari bahwa anaknya memiliki kelemahan dan kekurangan, orang tua menyadari bahwa anaknya memiliki kemampuan yang sama dengan anak yang lain, orang tua tidak malu menunjukkan keterbatasan anaknya, orang tua menerima segala penilaian dari masyarakat tentang anaknya, dan orang tua akan mendukung potensi anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hendraswari, Febrina Prahestifebrinaprahesti@gmail.com04020320025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, MierrinaUNSPECIFIED2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: ABK; penerimaan orang tua; reframing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Febrina Prahesti Hendraswari
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:55
Last Modified: 09 Jul 2024 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71490

Actions (login required)

View Item View Item