العناصر الداخلية في القصة القصيرة "الجبابرة" لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Wachidatul (2024) العناصر الداخلية في القصة القصيرة "الجبابرة" لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wachidatul Chasanah_03040120109.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wachidatul Chasanah_03040120109_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Unsur Intrinsik dalam Cerita Pendek “Otoriter” Karya Najib Kailani, meliputi: tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa,dan hikmah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan metode kualitatif, adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data utama berupa teks cerita pendek “Otoriter” (Al-Jababirah) karya najib kailani dan sumber data tambahan berupa buku-buku yang membahas tentang unsur intrinsik. Hasil penelitian ini adalah Unsur Intrinsik “Otoriter” Karya Najib Kailani. Cerita pendek ini bertemakan tentang otoriter dan kesabaran dan ketabahan. Dengan tokoh utama seorang anak perempuan yang bernama siham mendapat perlakuan otoriter dari ayahnya. Sedangkan tokoh lainnya yakni Ayah Siham, Ibu Siham, Adik Siham, Ruqoyyah, Ali, Sulthan. Alur pada cerita pendek ini adalah alur runtut. Latar tempat yang terdapat pada cerita pendek ini adalah teras rumah, kamar, pasar ikan, sudut rumah, emirat, pantai timur, padang pasir. Latar waktu yang terdapat pada cerita pendek ini adalah pagi, kemarin, dua hari / tiga hari, jam tujuh pagi, subuh, siang, masa depan, dan hari- hari kehidupan. Sudut pandang pada cerita pendek ini adalah sudut pandang orang ketiga. gaya bahasa pada cerpen ini menggunakan bahasa arab fushah. Dan pesan yang ingin penulis sampaikan dalam cerpen ini adalah tentang kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi segala cobaan dan tidak ada perbedaan kelas sosial antara pembantu dan majikan, keduanya mempunyai kedudukan yang setara dalam kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Wachidatulwch.chasanah@gmail.com03040120109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusaditoni@yahoo.com2002106201
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Sastra
Keywords: Unsur intrinsik; al Jababirah; Najib Kailani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Wachidatul Chasanah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:25
Last Modified: 10 Jul 2024 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71503

Actions (login required)

View Item View Item