Harmonisasi interaksi sosial antara Suku Madura dan Etnis Tionghoa di Surabaya Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rumyana, Rumyana (2024) Harmonisasi interaksi sosial antara Suku Madura dan Etnis Tionghoa di Surabaya Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rumyana_10040320100 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rumyana_10040320100 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Harmonisasi interaksi sosial antara suku Madura dan etnis Tionghoa di Surabaya Utara, sebuah wilayah yang mencerminkan keragaman etnis dan sosial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi partisipatif dan wawancara mendalam untuk memahami dinamika interaksi antar kelompok ini.Studi menemukan bahwa meskipun terdapat perbedaan budaya dan latar belakang sejarah yang kompleks, harmonisasi dalam interaksi sosial dapat tercapai melalui beberapa faktor kunci. Pertama, adanya saling pengertian dan toleransi antara kedua kelompok. Kedua, partisipasi dalam kegiatan sosial dan budaya yang bersama-sama memperkuat rasa kebersamaan. Ketiga, peran aktif pemerintah dan organisasi masyarakat dalam memfasilitasi dialog antar-kelompok dan mengatasi potensi konflik.Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan multikultural dalam memperkuat harmoni sosial di tingkat lokal, serta perlunya terus mendorong dialog antar-kelompok untuk mempromosikan kesadaran akan pluralitas budaya. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya kebijakan inklusif dalam membangun masyarakat yang lebih toleran dan harmonis di Surabaya Utara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rumyana, RumyanaRumyana598@gmail.com10040320100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetianingsih@gmail.com2022127201
Subjects: Hubungan Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Harmonisasi Interaksi Sosial; Suku Madura; Etnis Tionghoa; Surabaya Utara; dan Toleransi Budaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rumyana ana
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:08
Last Modified: 09 Jul 2024 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71515

Actions (login required)

View Item View Item