Upaya peningkatan ekonomi kreatif, sustainable fashion dan menghadapi tantangan untuk mewujudkan industri halal fashion (studi kasus UD Faradus Collection Sendang Lamongan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safutri, Ria (2024) Upaya peningkatan ekonomi kreatif, sustainable fashion dan menghadapi tantangan untuk mewujudkan industri halal fashion (studi kasus UD Faradus Collection Sendang Lamongan). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ria Safutri_08010420030 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ria Safutri_08010420030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan ekonomi kreatif, sustainable fashion dan menghadapi tantangan untuk mewujudkan industri halal fashion. Penelitian ini digunakan untuk melihat bagaimana ekonomi kreatif dan sustainable fashion serta tantangan yang dihasilkan dapat mewujudkan industri halal fashion. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, jenis dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, kemudian untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya ekonomi kreatif dapat mewujudkan perekonomian industri halal fashion, dengan dilakukannya produksi, pasar dan pemasaran, manajemen dan keuangan, kebijakan pemerintah, kondisi perekonomian dan kemitraan usaha. Kemudian untuk sustainable fashion dapat mewujudkan keuntungan, ketangguhan keuangan dan kelangsungan jangka panjang. Dan untuk tantangan yang dihadapi UD Faradus Collection dalam mewujudkan industri halal fashion, yaitu persaingan dengan produsen batik lain, minim regenerasi, perubahan trend, kurangnya halal awarnees, persaingan dari negara yang mayoritas muslim. Penelitian ini memberikan saran untuk melakukan penelitian mengenai strategi kelanjutan dalam pengembangan proses pengelolaan limbah industri rendah, tujuannya agar mengetahui seberapa jauh progres yang telah dilakukan oleh UD Faradus Collection.
Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Sustainable Fashion, Tantangan, Industri Halal Fashion

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safutri, Riariaput111@gmail.com08010420030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma.suryani1091@gmail.com2001109104
Subjects: Ekonomi
Industri Kecil
Pakaian dan Perhiasan
Keywords: Ekonomi Kreatif; Sustainable Fashion; Tantangan; Industri Halal Fashion
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ria Safutri
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:54
Last Modified: 26 Aug 2024 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71518

Actions (login required)

View Item View Item