Relaksasi dzikir dalam menangani kecemasan bagi mahasiswa angkatan 2020 prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzakiyah, Adly Alanda (2024) Relaksasi dzikir dalam menangani kecemasan bagi mahasiswa angkatan 2020 prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adly Alanda Dzakiyah_07040620063.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Adly Alanda Dzakiyah_07040620063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang konsep relaksasi dzikir yang digunakan dalam menangani kecemasan bagi mahasiswa angkatan 2020 prodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya. Kajian pada penelitian ini berisikan mengenai konsep relaksasi dzikir yang dapat digunakan dalam menangani kecemasan pada mahasiswa Angkatan 2020 prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya, penerapan dan metode relaksasi dzikir dalam menangani kecemasan pada mahasiswa Angkatan 2020 prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya dan hasil relaksasi dzikir dalam menangani kecemasan pada mahasiswa Angkatan 2020 prodi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuisioner, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa relaksasi dzikir dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam menangani kecemasan pada mahasiswa, khususnya pada mahasiswa semester akhir yang sedang dalam tahap mengerjakan tugas akhir. Dengan melakukan relaksasi dzikir dapat memunculkan rasa tenang dan nyaman. Sehingga ketenangan hati akan dirasakan bagi yang melakukan relaksasi dzikir. Oleh karenanya, relaksasi dzikir dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk dapat merasakan ketenangan dan jauh dari gangguan kecemasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzakiyah, Adly Alandaadlyalanda26@gmail.com07040620063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Doa dan Zikir
Psikoterapi
Terapi
Keywords: Relaksasi dzikir; kecemasan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Adly Alanda Dzakiyah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:28
Last Modified: 10 Jul 2024 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71524

Actions (login required)

View Item View Item