Sedekah digital melalui platform instagram untuk aksi sosial: kajian ma’ani al-hadith riwayat sunan an-Nasa’i no. indeks 2506 dengan pendekatan sosial menggunakan social action theory

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Khoirun (2024) Sedekah digital melalui platform instagram untuk aksi sosial: kajian ma’ani al-hadith riwayat sunan an-Nasa’i no. indeks 2506 dengan pendekatan sosial menggunakan social action theory. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa_07020520043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Khoirun Nisa_07020520043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media digital merujuk pada perangkat komunikasi yang menggunakan teknologi digital untuk membuat, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi. Transformasi dari media analog ke media digital telah menghadirkan berbagai hal yang bukan hanya sebagai tempat berkomunikasi, namun juga sebagai tempat untuk mendukung berbagai aksi sosial melalui sedekah. Dengan demikian, sedekah digital memiliki potensi besar untuk memberdayakan komunitas dan memperkuat solidaritas sosial. Nabi Saw. juga menyatakan dalam hadisnya bahwa kita harus menjaga diri dari api neraka walapun bersedekah dengan secuil kurma. Hal tersebut terdapat pada kitab Sunan an-Nasa’i nomor indeks 2506. Tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan pemahaman hadis dalam konteks sedekah, serta memahami motivasi, makna, dan implikasi sosial dari praktik sedekah digital. Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yakni; Pertama, hadis riwayat Imam an-Nasa’i nomor indeks berstatus sahih li dhatihi serta dapat dijadikan sebagai hujjah. Kedua, dari segi pemaknaan hadis tentang sedekah yang menekankan pentingnya bersedekah sekalipun dengan jumlah yang sedikit. Ketiga, dalam tinjauan hadis, sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat melindungi seseorang dari neraka, dan kaitan social action theory dengan sedekah digital mempunyai beragam makna dan motivasi disetiap tindakannya yang juga dapat membentuk interaksi sosial didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Khoirunkhoirunnisaafrzz@gmail.com07020520043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahimah, Rifiyatulrifiyafahima@uinsa.ac.id198809192018012001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Media Sosial
Hadis
Keywords: Sedekah digital; platform instagram; aksi sosial; al-hadith; sunan an-Nasa’i; social action theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Khoirun Nisa
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:51
Last Modified: 11 Jul 2024 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71570

Actions (login required)

View Item View Item