Telaah aspek kodikologi dan tekstologi manuskrip mushaf al-Qur'an kode 07. 152 koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawiyah, Icha (2024) Telaah aspek kodikologi dan tekstologi manuskrip mushaf al-Qur'an kode 07. 152 koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Icha Alawiyah_07040320122 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Icha Alawiyah_07040320122.pdf

Download (6MB)

Abstract

Icha Alawiyah “Telaah Aspek Kodikologi dan Tekstologi Manuskrip Mushaf Al-Qur’an Kode 07. 152 Koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Kajian atas naskah kuno atau manuskrip masih sangat minim dilakukan, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut, terutama kajian terhadap manuskrip mushaf al-Qur’an. Manuskrip mushaf al-Qur’an di Indonesia sendiri tersebar di berbagai daerah, termasuk Banyuwangi. Penelitian mengenai aspek kodikologi dan tekstologi pada manuskrip mushaf al-Qur’an di Banyuwangi sangat penting untuk dilakukan, karena kebanyakan hanya mengenai deskripsi singkat dan upaya pelestarian manuskrip-manuskrip yang ada di Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan metode landasan, karena naskah yang terdapat di lapangan berjumlah lebih dari satu, kemudian membandingkannya untuk mendapatkan naskah yang lebih unggul. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tercapai dua kesimpulan. Pertama, terkait kodikologinya, ditinjau dari jenis kertas yang digunakan, manuskrip mushaf al-Qur’an kode 07. 152 koleksi museum Mpu Tantular Sidoarjo adalah kertas Eropa dengan watermark “Moonface in Shield” serta countermark berhuruf VG (inisial ‘Valentino Galvani’). Adapun ukuran manuskrip sepanjang 33 cm, lebar 22 cm, dan tebal 7 cm, ukuran tulisan dengan panjang 21,5 cm dan lebar 13 cm, jumlah 15 baris perhalaman, dan terdiri dari 27 qurash. Manuskrip mushaf al-Qur’an kode 07. 152 ini ditulis dengan tinta berwarna hitam dan merah, serta menggunakan khatt naskhi. Kedua, terkait tekstologi dari manuskrip ini, diantaranya terkait penggunaan rasm, scholia, qira’at, dan corrupt (suntingan teks). Secara garis besar, manuskrip ini secara garis besar menggunakan rasm imla’i, kecuali pada beberapa lafadz tertentu menggunakan rasm ‘uthmani. Kemudian terdapat scholia yang terdiri dari lafadz tambahan, dan keterangan surah. Adapun qira’at yang digunakan pada manuskrip ini adalah qira’at Imam ‘Ashim. Pada manuskrip ini juga ditemukan adanya beberapa corrupt (suntingan teks), baik itu berbentuk kesalahan dalam menulis huruf, tanda baca, dan harakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawiyah, Ichaalawichacha@gmail.com07040320122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKamil, Ahmad Zaidanilahmad.zaidanil@uinsby.ac.id2030069403
Subjects: Filologi
Manuskrip
Al Qur'an
Keywords: Kodikologi; tekstologi; manuskrip mushaf al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Icha Alawiyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:20
Last Modified: 15 Jul 2024 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71583

Available Versions of this Item

  • Telaah aspek kodikologi dan tekstologi manuskrip mushaf al-Qur'an kode 07. 152 koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo. (deposited 15 Jul 2024 04:20) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item