Awal sejarah masjid mall studi kasus: masjid al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya 2019-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Rifdah Shofiyyah (2024) Awal sejarah masjid mall studi kasus: masjid al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya 2019-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifdah Shofiyyah Wulandari_03010220019 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Rifdah Shofiyyah Wulandari_03010220019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena sosial keagamaan Muslim pada Masjid Al-Ittihad yang berada di dalam kawasan Pakuwon Mall Surabaya. Dengan mengacu pada tiga fokus pembahasn utama, yakni: (1) Bagaimana sejarah dan perkembangan Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya? (2) Bagaimana Keindahan Arsitektur Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya? (3) Bagaimana dinamika fungsi Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya? Pendekatan yang dipakai dalam penelitian kualitatif ini menggunakan bantuan ilmu antropologi dan ilmu arsitektur sebagai alat bantu dalam menyelidiki objek dan problematikanya. Ilmu antropologi budaya berperan dalam menjajaki aktivitas umat Islam yang ada di masjid mall, sedangkan ilmu arsitektur befungsi sebagai dasar pengetahuan yang ditujukan pada bagian-bagian penting dari sebuah bangunan. Penelitian ini memakai dua teori sebagai proses identifikasi dan arah dari penelitian, yaitu Teori Sosiologi Agama yang dikemukakan oleh Maximillian Weber (1864-1920) dan Teori John Ruskin tentang The Seven Lamps of Architecture. Metode penelitian yang dipakai ialah metode sejarah (heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi) dan data yang dipergunakan berupa hasil wawancara dari tokoh sezaman. Hasil temuan dari penelitian ini dapat dikemukakan dalam beberapa pernyataan Sejarah Masjid Mall: Studi Kasus Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya meliputi: (1) Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall Surabaya merupakan masjid terluas yang berada di dalam mall dengan daya tampung jamaah mencapai 1000 jiwa lebih dan buka mengikuti jam operasional mall; (2) keindahan fisik seperti arsitektur masjid dan fasilitas yang dimiliki masjid membuat banyak pengunjung maupun pekerja selalu memadati area sekitar masjid baik untuk beribadah maupun tidak; (3) kegiatan aktif Masjid Al-Ittihad Pakuwon Mall sama halnya dengan masjid pada umumnya meskipun tantangannya berada di dalam mall, meliputi: sholat wajib (Zuhur, Ashar, Maghhrib, dan Isya), sholat Jum’at, sholat Tarawih, pengajian bulanan, penyembelihan hewan qurban, dan amil zakat, yang semuanya berjalan sesuai dengan ajaran Nahdlatul Ulama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Rifdah Shofiyyahwulandarifdah28@gmail.com03010220019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIman Santosa, Nyong Eka Teguhnyongeka@uinsby.ac.id20022127603
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Antropologi Budaya
Masjid
Keywords: Masjid mall; Pakuwon mall; jamaah; Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rifdah Shofiyyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:41
Last Modified: 15 Jul 2024 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71595

Actions (login required)

View Item View Item