Pandangan al Qur’an terhadap perilaku phubbing: penerapan teori maqasid al Qur’an Wasfi ‘Ashur Abu Zayd

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Moh. (2024) Pandangan al Qur’an terhadap perilaku phubbing: penerapan teori maqasid al Qur’an Wasfi ‘Ashur Abu Zayd. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Ubaidillah_E93217117.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Moh. Ubaidillah_E93217117_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Phubbing, perilaku mengabaikan orang lain dengan lebih fokus pada perangkat elektronik, telah menjadi fenomena sosial yang mengkhawatirkan di era digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan Al-Qur’an terhadap perilaku phubbing dengan menggunakan teori maqasid Al-Qur’an yang dikembangkan oleh Wasfi ‘Ashur Abu Zayd. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan dilakukan dengan metode penelitian perpustakaan, yang menggunakan data non-numerik yang diperoleh dari bahan tertulis di perpustakaan digital. Sumber data primer meliputi karya-karya seperti Nah}w Tafsir Maqasidi li al-Qur’an al-Karim karya Wasfi ‘Ashur Abu Zayd, Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab, al-Tafsir al-Munir karya Wahbah al-Zuhayli. Sumber data sekunder meliputi karya-karya seperti “Phubbing Behavior in The Qur’an” karya Alisa Aura Zanuba dan Musolli, “Phubbing? No Way!” karya Ummah Karimah, dkk., dan “Menghargai Lawan Bicara di Tengah Dunia Phubbing” karya Ridho Azhari Ginting. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, mengumpulkan buku, jurnal, dan skripsi terkait perilaku phubbing. Data dianalisis menggunakan metode penelitian tematik, memfokuskan pada tema phubbing dalam Al-Qur’an. Langkah-langkah analisis meliputi menghimpun ayat-ayat terkait phubbing, memahami korelasi ayat-ayat tersebut dalam surah masing-masing, menyusun pembahasan secara sistematis, melengkapi dengan hadis-hadis relevan, dan mempelajari ayat-ayat secara keseluruhan dengan menghimpun ayat-ayat yang mempunyai pengertian yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa phubbing bertentangan dengan prinsip-prinsip etika Islam yang mengedepankan pentingnya hubungan interpersonal yang baik, penghormatan terhadap sesama, serta perhatian penuh dalam interaksi sosial. Oleh karena itu, phubbing dapat dianggap sebagai perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman baru tentang bagaimana prinsip-prinsip Maqasid Al-Qur’an dapat diterapkan dalam menilai fenomena sosial kontemporer, serta memberikan landasan bagi upaya membentuk perilaku yang lebih etis dan bermartabat dalam interaksi sosial sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Moh.e93217117@uinsby.ac.idE93217117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com2004047303
Subjects: Komunikasi
Al Qur'an
Sosiologi
Keywords: Phubbing; maqasid al Qur’an; Wasfi ‘Ashur Abu Zayd
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Moh. Ubaidillah
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:37
Last Modified: 10 Jul 2024 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71608

Actions (login required)

View Item View Item