Hiperrealitas dalam penggunaan TikTok: studi kasus mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Az Zahra, Fatimah (2024) Hiperrealitas dalam penggunaan TikTok: studi kasus mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Az Zahra_07010120008 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fatimah Az Zahra_07010120008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap fenomena hiperrealitas dalam penggunaan TikTok di kalangan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Persoalan yang akan dibahas meliputi: Pertama, bagaimana penggunaan TikTok pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Kedua, bagaimana hiperrealitas terjadi ketika mereka menggunakan TikTok perspektif Jean Baudrillard. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan pendekatan filosofis. Data yang diperoleh dari informan berupa mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya tahun ajaran 2023/2024, kemudian dianalisis dengan teori hiperrealitas Jean Baudrillard. Hasil temuan dari skripsi ini meliputi: Pertama, mahasiswa menggunakan TikTok sebagai media hiburan, berbisnis, belajar, dan ekspresi diri untuk meningkatkan kualitas sekaligus menunjukkan eksistensi diri. Popularitas, fitur filter wajah, TikTok Affiliate, dan konten edukasi menjadi motivasi bagi mahasiswa menggunakan TikTok. Kedua, hiperrealitas muncul ketika mahasiswa membangun identitas yang terkurasi dan dikonstruksi berdasarkan tren dan popularitas. Mahasiswa yang menggunakan TikTok beserta fitur-fiturnya untuk menampilkan persona yang mungkin berbeda dari identitas asli mereka untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan sisi lain dari diri mereka menunjukkan bagaimana TikTok menjadi media simulasi pada mahasiswa. Representasi digital yang menjadikan diri lebih meyakinkan dan diminati daripada kenyataan, menjadi simulakra di mana batas antara yang apa adanya dan yang di simulasikan menjadi kabur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Az Zahra, Fatimahfatimahazzahratiara59@gmail.com07010120008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsa.ac.id2113027201
Subjects: Filsafat
Komunikasi
Media Sosial
Keywords: Hiperrealitas; Mahasiswa; TikTok
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fatimah Az Zahra
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:55
Last Modified: 15 Jul 2024 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71676

Actions (login required)

View Item View Item