Pola komunikasi mahasiswa etnis Non Jawa dengan mahasiswa etnis Jawa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: studi pada Mahasiswa angkatan 2020 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Turrizqiyyah, Putri Seila (2024) Pola komunikasi mahasiswa etnis Non Jawa dengan mahasiswa etnis Jawa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: studi pada Mahasiswa angkatan 2020 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Seila Turrizqiyyah_04020520073 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Seila Turrizqiyyah_04020520073 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi pada mahasiswa etnis non Jawa saat berada di kampus, untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa etnis non Jawa saat berada di kampus, dan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh mahasiswa etnis non Jawa saat berada di kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi serta menggunakan Teori Etnosentrisme dan Teori Pengurangan Ketidakpastian sebagai pedoman dalam melakukan penelitian. Teknik analisis data menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada awalnya perbedaan budaya khususnya bahasa menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa etnis non Jawa dalam berkomunikasi, sehingga pola komunikasi yang terjadi antara mahasiswa non Jawa dengan mahasiswa Jawa dalam berkomunikasi sering mengalami kesulitan. Namun seiring berjalannya waktu keduanya berangsur-angsur membaik. Selain itu, kebutuhan sosial sebagai manusia untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi menjadi faktor yang mendukung untuk keduanya saling terlibat percakapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Turrizqiyyah, Putri Seilaputrisltrrzqyyh@gmail.com04020520073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imamimammaksum@uinsby.ac.id2020067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Budaya
Keywords: Pola Komunikasi; Komunikasi Antarbudaya; Etnis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Putri Seila Turrizqiyyah
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:42
Last Modified: 16 Jul 2024 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71798

Actions (login required)

View Item View Item