Revitalisasi Pasar Kembang Surabaya dengan pendekatan arsitektur Neo Vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariqoh, Annisa Baida Nur (2024) Revitalisasi Pasar Kembang Surabaya dengan pendekatan arsitektur Neo Vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Baida Nur Ariqoh_09040320050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Annisa Baida Nur Ariqoh_09040320050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pasar Kembang Surabaya merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok mulai dari sembako hingga jajanan tradisional. Pasar Kembang ini cukup terkenal akan jajan tradisionalnya. Sehingga, pasar ini sudah menjadi pusat jajanan tradisional yang berada di Surabaya. Namun pasar ini pernah mengalami musibah kebakaran yang menyebabkan kerusakan yang signifikan pada pasar sehingga menyebabkan 70 % bangunan lapak yang berada di lantai dua habis terbakar, para pedagang mengalami kerugian yang besar hingga mencapai belasan juta serta menyebabkan para pedagang tidak bisa berjualan. Oleh karena itu, diperlukan revitalisasi untuk menghidupkan serta memperbarui kembali bangunan pasar tradisional ini melalui tata letak dan suasana yang baru dengan pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular. Pendekatan ini dipilih karena sesuai dengan langgam yang berada di Pasar Kembang ini sendiri, yaitu menjadi pusat jajanan tradisional serta menjadikan salah satu kriteria dari pendekatan tersebut yakni budaya. Rancangan baru yang dihadirkan ini di antaranya : perubahan tata letak pada site, penambahan taman di dalam bangunan baru, dan perbaikan alur sirkulasi dengan membedakan antara entrance serta exit. Diantara prinsipnya ialah : hubungan langsung, hubungan abstrak, hubungan lanskap, hubungan kontemporer dan hubungan masa depan. Penerapan desain ini terdapat pada suasana arsitektur neo vernakular yang dihadirkan pada bangunan ini antara lain : terdapat jendela jalusi bermaterial kayu dengan perpaduan material berbahan lokal yakni bata merah, yang menghadirkan pasar tradisional ini memiliki daya tarik tradisional sendiri. Hal tersebut akan menyebabkan pengunjung maupun pembeli akan mendapatkan sensasi yang berbeda dari pasar tradisional lainnya, tidak hanya berbelanja kebutuhan pokok saja namun juga dapat menikmati keindahan dari arsitektur neo vernakular

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariqoh, Annisa Baida Nurannisabaida31@gmail.com09040320050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Jual Beli
Budaya
Keywords: Pasar Kembang Surabaya; pendekatan arsitektur Neo Vernakular
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: annisa baida nur ariqoh
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:40
Last Modified: 16 Jul 2024 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71801

Actions (login required)

View Item View Item