Konsep frugal living prespektif Ibnu ‘Asyur dalam kitab tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Istiharokum (2024) Konsep frugal living prespektif Ibnu ‘Asyur dalam kitab tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istiharokum Laily_07040320125 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Istiharokum Laily_07040320125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena hedonisme dapat berkelanjutan apabila kesenangan menjadi tujuan utama kehidupan. Sebagai alternatif, konsep frugal living diperkenalkan sebagai pola hidup hemat dan berfokus pada kebutuhan daripada keinginan. Frugal living menjadi trend yang dipakai oleh masyarakat saat ini. Dari uraian konsep frugal living terdapat beberapa penafsiran yang membahas tentang frugal living salah satunya Ibnu ‘Asyur> dalam beberapa ayat dalam al-Qur’an yang dijelaskan dalam kitab tafsirnya Tafsir Al-Tah}ri>r wa Al- Tanwi>r. Seperti yang diketahui bahwa dapat diklasifikasikan mengenai ayat-ayat yang membahas tentang pola hidup frugal living yakni ayat larangan boros, larangan kikir, dan perintah untuk tidak berlebih-lebihan. Permasalahan yang diteliti yaitu pertama bagaimana konsep frugal living menurut prespektif Ibnu ‘Asyur> ? kemudian kedua, bagaimana kontekstualisasi penafsiran Ibnu ‘Asyur> mengenai konsep frugal living dalam kitab Tafsir Al-Tah}ri>r wa Al- Tanwi>r ?. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif analisis, dimana sumber utama informasi diambil dari penjelasan para ahli tafsir dalam berbagai kitab tafsir, dan sumber sekunder melibatkan buku-buku yang relevan dengan topik penelitian. Informasi yang telah terkumpul selanjutnya diproses menggunakan metode tematik, yaitu metode yang mengumpulkan dan menganalisis ayat-ayat terkait untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan menghasilkan konsep komprehensif dalam Al-Qur'an mengenai isu yang diteliti. Sesuai penelitian yang telah diuraikan dapat diambil kesimpulan bahwa frugal living dapat dijadikan pola hidup yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari karena sama sekali tidak bertentangan dengan ajaran islam. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsep frugal living menurut Ibnu ‘Asyur> memiliki relevansi yang kuat dengan tantangan ekonomi dan sosial kontemporer, serta menawarkan panduan spiritual dan praktis bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Istiharokumlailyistiharokum@gmail.com07040320125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzammil, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id196907132000032001
Subjects: Tafsir
Keywords: Konsep frugal living; Ibnu ‘Asyur; tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Istiharokum Laily
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:05
Last Modified: 23 Jul 2024 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71816

Actions (login required)

View Item View Item