Efektivitas pemberian ampas kopi, ampas teh, dan ampas kelapa dengam pemberian air kelapa sebagai pupuk organik cair (POC) terhadap pertumbuhan tanaman selada merah (Lactuca Sativa Var. Cripsa)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakrina, Putri Shalma Aulia (2024) Efektivitas pemberian ampas kopi, ampas teh, dan ampas kelapa dengam pemberian air kelapa sebagai pupuk organik cair (POC) terhadap pertumbuhan tanaman selada merah (Lactuca Sativa Var. Cripsa). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Shalma Aulia Bakrina_09040120061.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Putri Shalma Aulia Bakrina_09040120061_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tanaman selada merah (Lactuca sativa var.cripsa) merupakan salah satu tanaman yang memiliki harga jual beli dan prospek yang bagus sehingga dapat di perjual belikan dipasaran sehingga dibudidayakan secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh efektivitas pada media tanam yang diberi ampas kopi, ampas teh dan ampas kelapa dengan pemberian air kelapa sebagai POC terhadap pertumbuhan tanaman selada merah (Lactuca sativa var.cripsa) sehingga mendapatkan media tanam yang paling optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan dan 6 pengulangan sehingga terdapat 36 unit percobaan. Bibit tanaman selada merah ditanam dalam polybag ukuran 25 x 30 cm dengan 6 jenis media tanam. Media tanam M01 (kontrol negatif) merupakan campuran tanah, dan sekam. Media tanam M02 (kontrol positif) dan campuran tanah, sekam, ampas kopi dan POC. Media tanam M2 merupakan campuran tanah, sekam, ampas teh dan POC. Media tanam M3 dengan campuran tanah, sekam, ampas kelapa dan POC. Data yang diambil adalah pertambahan tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, berat kering, uji antioksidan. Analisis data yang digunakan menggunakan uji One-Way Annova dengan <0,05 selanjutnya dilakukan uji lanjutan LSD. Setelah masa panen (1 bulan ) dilakukan dilakukan pengambilan data uji antioksidan. Hasil analisis statistic uji One-Way Annova menunjukkan perbedaan secara signifikan pada pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan berat kering pada media tanam. Pertumbuhan tanaman selada merah yang paling optimal terdapat pada media tanam M3dengan penambahan ampas kelapa dengan pemberian POC

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakrina, Putri Shalma Auliaputshal2002@gmail.com09040120061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsa.ac.id0705128601
Thesis advisorPurnamasari, Risarisap1989@gmail.com201409002
Subjects: Biologi
Keywords: Ampas kopi; ampas teh; ampas kelapa; media tanam; tanaman selada
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: putri shalma aulia bakrina
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:34
Last Modified: 30 Jul 2024 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71832

Actions (login required)

View Item View Item