Analisis penerapan Funnel Marketing di Shafira Tour & Travel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lazuardi, Maulana (2023) Analisis penerapan Funnel Marketing di Shafira Tour & Travel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Lazuardi_04020420031 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Maulana Lazuardi_04020420031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan funnel marketing di Shafira Tour & Travel dan faktor-faktor yang menjadi kendala proses penerapan funnel marketing Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian eksploratif. Berbagai teknik pengumpulan data diterapkan, termasuk in-depth interview, participant observation dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Selanjutnya, untuk analisis data peneliti menggunakan pendekatan Miles dan Huberman Hasil dari penelitian ini adalah Shafira Tour & Travel menerapkan beberapa tahapan strategi funnel marketing, dengan harapan bisa memperluas pemasaran serta memenuhi kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan positif dengan jemaah di dalam lingkungan bisnisnya. Berikut merupakan bentuk-bentuk tahapan strategi funnel marketing yang diterapkan Shafira Tour & Travel. Tahap kesadaran produk (Awareness), tahap kesadaran produk dan layanan di Shafira Tour & Travel mengadopsi dua pendekatan dalam kesadaran produk dan layanan mereka, yaitu secara daring dan luring. Pada tahap kesadaran produk (Awareness) secara daring di Shafira Tour & Travel, dilakukan melalui berbagai strategi pemasaran online Ini mencakup pengiriman brosur secara digital, broadcasting radio melalui Suara Surabaya dan memanfaatkan media sosial dan situs webnya sebagai platform untuk berbagi informasi terkait produk, promo, dan pembaruan harga terkini. Pada tahap kesadaran produk (Awareness) secara luring, Shafira Tour & Travel aktif
berpartisipasi dalam pameran umrah di pusat perbelanjaan dan Sosialisasi datang ke kantor-kantor untuk program umroh corporate. Pada Tahap Minat (Interest) Shafira Tour & Travel melakukan inovasi secara rutin dengan melibatkan penawaran khusus dalam bentuk varian paket umrah, yang mencakup promosi diskon, penawaran layanan gratis seperti akses kereta cepat atau fasilitas lounge eksklusif, serta pemberian bonus uang saku kepada calon jemaah. Lalu memanfaatkan media sosial, terutama platform Instagram, untuk membangkitkan minat terhadap produknya.serta menerapkan Personal Selling dengan orientasi pelayanan yang optimal. Pada Tahap Pertimbangan (Consideration) Shafira Tour & Travel selalu mengedepankan fasilitas dan pelayanan prima, mempunyai kredibilitas & reputasi yang baik serta memiliki paket perjalanan yang beragam. Pada Tahap Tindakan (Action) Shafira Tour & Travel memberikan pelayanan terbaik kepada setiap jamaah yang datang ke kantor hingga proses pembelian paket dan Jika tidak terjadi kesepakatan pun, shafira tetap memberikan pelayanan terbaik kepada setiap jemaah. Lalu juga memberikan kartu nama serta meminta kontak WhatsApp jemaah agar menciptakan pengalaman personal dan mendukung jalannya komunikasi yang efektif, sekaligus memfasilitasi potensi penyelesaian pendaftaran. Pada Tahap Loyalitas (Loyalty) Shafira Tour & Travel mengadakan survei kepuasan jemaah dalam setiap kepulangan ibadah Haji dan Umrah, membuat WhatsApp grup sebagai wadah menyapa jamaah dan sebagai sarana promosi maupun menawarkan produk terbaru secara eksklusif serta Memberikan reward berupa bingkisan parcel Lebaran dan voucher ticket upgrade business class dan hotel view Ka’bah. Sedangkan faktor yang menjadi kendala dalam penerapan funnel marketing di Shafira Tour & Travel adalah Minim Kesadaran Produk, Minim Partisipasi Konsumen, Minim Volume Penjualan serta Minim Retensi Pelanggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lazuardi, Maulanaardilazuardi407@gmail.com04020420031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Haji
Manajemen
Manajemen Dakwah
Pemasaran
Bisnis
Keywords: funnel marketing; marketing; pemasaran; penerapan; tour & travel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Maulana Lazu ardi
Date Deposited: 28 Jul 2024 04:24
Last Modified: 28 Jul 2024 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71894

Actions (login required)

View Item View Item