Integrasi logoterapi dan tasawuf dalam menghadapi Quarter Life Crisis: pada mahasiswa tingkat akhir angkatan 2020 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvianita, Tiara (2024) Integrasi logoterapi dan tasawuf dalam menghadapi Quarter Life Crisis: pada mahasiswa tingkat akhir angkatan 2020 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Tiara Alvianita_07010620013 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tiara Alvianita_07010620013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya fenomena mahasiswa yang mengalami depresi bahkan ada yang sampai bunuh diri. Fenomena tersebut tidak jauh dari pengaruh quarter life crisis yang umum terjadi pada individu yang memasuki usia dewa awal. Quarter life crisis merupakan gejala kekhawatiran yang muncul dalam diri individu karena ketidakpastian masa depan. Dalam hal ini peneliti berupaya menggunakan konsep logoterapi dan tasawuf, yang menekankan pada penemuan makna hidup, yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini dengan mengubah sudut pandang individu terhadap penderitaan. Berangkat dari persoalan itulah penelitian ini menjawab dua rumusan masalah, di antaranya; Bagaimana dinamika quarter life crisis pada mahasiswa tingkat akhir angkatan 2020 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya? Bagaimana integrasi logoterapi dan tasawuf dalam menghadapi quarter life crisis pada mahasiswa tingkat akhir UIN Sunan Ampel Surabaya? Diharapkan hasil penelitian ini dapat menyumbangkan manfaat bagi pengembangan metode dan teknik dalam terapi kognitif-behavioral sufisme dan juga dapat membantu mahasiswa tingkat akhir untuk mengatasi quarter life crisis yang mereka hadapi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data library research dan field research. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan melakukan sesi wawancara dalam kurun waktu 4 hari, yaitu mulai tanggal 24 Februari 2024 sampai 27 Februari 2024. Jumlah narasumber terdiri dari lima mahasiswa yang terpilih memenuhi kriteria dengan skor quarter life crisis tertinggi. Kemudian, hasil temuan dianalisis secara deskriptif menggunakan teori Robbins dan Wilner, Victor E. Frankl, dan Al-Ghazali.Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak mahasiswa mengalami quarter life crisis, namun pemahaman mereka tentang makna hidup cukup tinggi, yang membantu mereka lebih optimis dan cepat bangkit dari krisis. Dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang makna dan tujuan hidup yang dimiliki, maka mahasiswa mampu menghadapi krisis dengan lebih positif dan terhindar dari dampak negatif seperti: kesedihan berlarut, depresi, bahkan bunuh diri. Meski demikian, konsep kebermaknaan hidup dalam logoterapi hanya berada pada tangga paling dasar dalam sufisme. Oleh karena itu diperlukan integrasi logoterapi dan tasawuf, sehingga menciptakan logoterapi sufistik yang lebih kaya dan komprehensif dalam membantu klien menemukan makna hidup. Sehingga makan hidup yang dituju bukan hanya bersifat duniawi namun juga ukhrawi, yang tidak hanya mentargetkan kebahagiaan dunia namun juga kebahagiaan akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvianita, Tiaratiaraalvianita@gmail.com07010620013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchy.khadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Akulturasi
Depresi
Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Quarter life crisis; Logoterapi; Tasawuf.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tiara Alvianita
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:30
Last Modified: 09 Jul 2024 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71966

Available Versions of this Item

  • Integrasi logoterapi dan tasawuf dalam menghadapi Quarter Life Crisis: pada mahasiswa tingkat akhir angkatan 2020 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. (deposited 09 Jul 2024 02:30) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item