Ruqyah Ahlussunnah Wal Jama’ah sebagai Metode Sufi Healing untuk penyembuhan pasien gangguan depresi berat di PC Jam'iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robani, Nabila Rodhiya (2024) Ruqyah Ahlussunnah Wal Jama’ah sebagai Metode Sufi Healing untuk penyembuhan pasien gangguan depresi berat di PC Jam'iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Rodhiya Robani_07020620048.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Nabila Rodhiya Robani_07020620048 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Rodhiya Robani_07020620048 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pengobatan ruqyah yang banyak dikenal masyarakat hanya sebagai pengobatan gangguan jin. Namun pada kenyataannya terapi ruqyah dapat efektif digunakan untuk upaya penyembuhan penyakit fisik dan psikis. Skripsi ini membahas tentang ruqyah ahlussunnah wal jama’ah sebagai metode sufi healing untuk gangguan depresi berat studi kasus PC Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Waru Sidoarjo. Penelitian ini membahas permasalahan mengenai, satu, konsep dan metode ruqyah aswaja sebagai metode sufi healing. Kedua, hasil implementasi ruqyah aswaja sebagai metode untuk penyembuhan pasien gangguan depresi berat. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui konsep dan implementasi ruqyah aswaja sebagai metode sufi healing untuk penyembuhan pasien gangguan depresi berat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah narasumber terdiri dari dua praktisi dan dua pasien terpilih memenuhi kriteria penelitian penulis. Kemudian, penelitian menunjukkan: Metode sufi healing yang ada dalam ruqyah aswaja, antara lain metode pembacaan ayat suci al-Qur’an dengan cara mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an yang cocok dengan kondisi penyakit pasien, metode inabah (pertaubatan), metode zikir, metode selawat, dan metode do’a. digunakan untuk penyembuhan pasien depresi berat di PC JRA Waru Sidoarjo. Berdasarkan hasil terapi pada kedua pasien gangguan depresi berat yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya. Bahwa ruqyah aswaja efektif untuk upaya penyembuhan depresi berat karena berdasarkan testimoni dari kedua pasien mengatakan setelah melakukan terapi ruqyah aswaja di PC JRA Waru Sidoarjo pasien merasakan bahwa kesehatan fisik dan psikis terasa kembali normal. Walaupun demikian, perubahan tidak secara langsung namun bertahap serta memerlukan proses terapi yang rutin dan pasien mau mengikuti segala arahan dari praktisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robani, Nabila Rodhiyabellarobani686@gmail.com07020620048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Depresi
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Ruqyah; aswaja; sufi healing; depresi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: S.Ag. Nabila Rodhiya Robani
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:08
Last Modified: 22 Jul 2024 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71976

Actions (login required)

View Item View Item