Teknik penyelesaian konflik antar santri dalam meningkatkan mutu Pondok Pesantren as Sa’idiyyah 2 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Eldiany, Maya (2024) Teknik penyelesaian konflik antar santri dalam meningkatkan mutu Pondok Pesantren as Sa’idiyyah 2 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maya Eldiany_06040320086.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Maya Eldiany_06040320086_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai konflik antar santri (interpersonal) yang terjadi, teknik penyelesaian konflik antar santri yang dilakukan, dan teknik penyelesaian konflik antar santri dalam meningkatkan mutu pondok pesantren. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, pembimbing, pengurus dan santri. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, serta menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperolah memaparkan bahwa (1) konflik antar santri yang terjadi meliputi konflik santri dengan santri dan konflik santri dengan pengurus; (2) teknik penyelesaian konflik antar santri yang dilakukan yakni selalu mengupayakan melihat konflik dengan terbuka dan hati-hati serta mendamaikan; (3) teknik penyelesaian konflik antar santri dalam meningkatkan mutu pondok pesantren dilakukan dengan melihat tingkat keberhasilan penyelesaian konflik antar santri atas teknik yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Eldiany, Mayamayaeldiany@gmail.com06040320086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadcakshodiq2@gmail.com2023047502
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Konflik sosial
Layanan
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Konflik antar santri; mutu pondok pesantren; teknik penyelesaian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maya Eldiany
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:01
Last Modified: 22 Jul 2024 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71998

Actions (login required)

View Item View Item