Analisis strategi bersaing optimal e-wallet ovo dan dana menggunakan game theory berbasis mcdm-topsis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyana, Vina (2024) Analisis strategi bersaing optimal e-wallet ovo dan dana menggunakan game theory berbasis mcdm-topsis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Fitriyana_09010220016 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vina Fitriyana_09010220016 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2027.

Download (9MB)

Abstract

Popularitas e-wallet mendorong berbagai perusahaan fintech seperti OVO dan DANA untuk menyusun strategi agar dapat bertahan dalam persaingan. Kedua e-wallet ini menempati peringkat dua dan tiga dari banyaknya e-wallet populer di Indonesia, tetapi belum bisa mengungguli e-wallet yang berada diperingkat pertama, hal ini dimungkinkan karena atribut atau strategi yang dipasarkan perusahaan kurang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi apakah yang dapat membantu kedua perusahaan tersebut (OVO dan DANA) menjadi lebih unggul. Penelitian ini menggunakan TOPSIS sebagai teknik dalam mengurutkan atribut dan Game Theory sebagai teknik penentuan strategi persaingan optimal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa yang menjadi prioritas atau paling diutamakan oleh pengguna yaitu atribut proses transaksi yang mudah dan praktis, sehingga atribut ini yang menempati urutan pertama. Untuk hasil persaingan e-wallet OVO dan DANA menghasilkan strategi optimal tunggal dengan nilai saddle point −395, dimana OVO akan memaksimalkan keuntungannya dan DANA akan meminimalkan kerugiannya masing-masing menerapkan atribut proses transaksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyana, Vinavhina1212@gmail.com09010220016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@uinsby.ac.id--
Subjects: Matematika
Keywords: E-Wallet; OVO; DANA; MCDM-TOPSIS; Game Theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Vina Fitriyana
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:28
Last Modified: 23 Aug 2024 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72031

Actions (login required)

View Item View Item